Tingkatkan Kemampuan Taktik Opsfib, Taruna AAL Korps Marinir Laksanakan Lattek Karkata Yudha

Spread the love

urnalline com, AAL, Depmar – Latihan Praktek (Lattek) Karkatayudha bagi Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Korps Marinir Angkatan ke-69 memasuki hari kelima yang dilaksanakan di Kesatrian Marinir Soepraptono, Resimen Kavaleri 2 Marinir, Ujung, Surabaya, Jum’at (7/4).

Kepala Departemen Marinir (Kadepmar) AAL Kolonel Marinir Rana Karyana selaku Pimpinan Latihan (Pimlat) menjelaskan bahwa Lattek Karkatayudha ini merupakan latihan bagi Taruna AAL Korps Marinir yang bertujuan membekali para Taruna dengan kemampuan dan keterampilan kepemimpinan lapangan dalam melaksanakan teknik dan taktik Operasi Amfibi (Opsfib) sebagai bekal di kedinasan nanti.

Dalam latihan kali ini para taruna AAL mempraktekkan kegiatan Embarkasi dan Debarkasi pasukan dengan cara naik-turun jaring dari KRI dr. Suharso-990 ke Sekoci Pendarat Pasukan (SPP) menuju pantai pendaratan.

Selain itu, Taruna turut merasakan secara langsung dengan mempraktekkan Embarkasi dan Debarkasi menggunakan material Kendaraan Pendarat Amfibi seperti BTR 50 P(M), LVT 7, KAPA K-61 dan Tank BMP 3F, serta mengaplikasikan teknik dan taktik serangan amfibi yang melibatkan pasukan dari Yonif 5 Mar dengan menggunakan kendaraan pendarat amfibi hingga teknis penyiapannya di Markas Resimen Kavaleri 2 Marinir.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.