Ajak Manfaatkan Lahan Kosong, Satgas TMMD 116 Kodim Bekasi Berikan Penyuluhan Budidaya Tabulampot Kepada Warga

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya, Kota Bekasi – Puluhan warga Rt.05/Rw.03, Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi, Kota Bekasi, mengikuti penyuluhan dan sosialisasi Budidaya Tabulampot dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi.

Kegiatan ini termasuk dalam kegiatan non-fisik Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 tahun 2023 di wilayah Kodim 0507/Bekasi, Korem 051/Wijayakarta, Kodam Jaya/Jayakarta.

Materi sosialisasi Budidaya Tabulampot (Tanam Buah Dalam Pot) disampaikan oleh Ibu Nur Rahayu, Penyuluh dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi. Kepada para warga yang hadir ia menerangkan, Budidaya Tabulampot kini gencar dilakukan dan disosialisasikan, seiring dengan kian berkurangnya jumlah lahan.

“Ada beberapa kelebihan dengan metode Tabulampot ini, selain tidak membutuhkan lahan yang luas, juga bisa berfungsi sebagai tanaman hias, mudah dipindah-pindahkan tanpa merusak tanaman, hingga masa berbunga dan berbuahnya bisa diatur,” jelasnya.

Kendati demikian, ia juga mengingatkan, budidaya Tabulampot membutuhkan seni tersendiri dan pemahaman lebih terhadap jenis tanaman. “Karena masing-masing tanaman memiliki karakteristik berbeda, jadi perlakukannya juga berbeda. Misalnya, buah yang cocok untuk metode ini di antaranya jeruk, belimbing, sawo, manga, jambu biji dan jambu air,” paparnya.

Salah seorang warga Bapak Isbandi mengaku senang dengan adanya sosialisasi ini. Terlebih, ia juga gemar memakan buah hasil tanam sendiri. “Iya sempat kepikiran pengen nyoba juga nanam dalam pot, dilihatnya juga enak gitu. Makanya begitu tahu ada sosialisasi dari TMMD ini dari Bapak RT, saya langsung daftar mau mengikuti acara ini,” katanya.

Menurut Kapten Inf Tomi selaku Plh.Pasiter Dim 0507/Bekasi, menyampaikan bahwa “Banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh warga dari penyuluhan Budidaya Tabulampot ini, karena mereka tahu cara memanfaatkan lahan sempit untuk menanam pohon dengan cara Budidaya Tabulampot”.ucap Kapten Tomi. Kamis (25/5/2023).

Selain sosialisasi budidaya Tabulampot, kegiatan yang berlangsung di Saung Cluster Blue Safir Jakamulya Kota Bekasi ini juga diisi dengan sosialisasi Kamtibmas, antisipasi bahayanya Narkoba dan seks bebas yang disampaikan oleh Bati Komsos Staf Teritorial Kodim 0507/Bekasi Serma Muharam.

Fram

(Sumber Kodim 0507/Bekasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.