Tiba di Bumi Khatulistiwa, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 10/Bradjamusti Divif 1 Kostrad Diterima Pangdam XII Tanjungpura

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia – Malaysia Batalyon Armed 10/Bradjamusti Divif 1 Kostrad secara resmi diterima langsung oleh Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan. Upacara penerimaan berlangsung di Lapangan Tidayu, Makodam XII/Tpr, Kubu Raya. Senin (22/5/2023).

Prajurit Yonarmed 10/Bradjamusti Divif 1 Kostrad yang berkedudukan di Ciluar, Bogor, Jawa Barat. sejumlah 350 orang dipimpin Mayor Arm Ady Kurniawan, M.Han., akan bertugas mengamankan wilayah Sektor Timur Perbatasan RI-MLY, mulai dari wilayah Kabupaten Sanggau hingga wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, selama 365 hari ke depan.

Saat memberikan pengarahan, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan meyakini dan percaya bahwa kedatangan Satgas Yonarmed 10/Bradjamusti akan membawa berkah, ketenangan, kenyamanan di masyarakat perbatasan dan akan meningkatkan hubungan yang baik antara Indonesia dengan Malaysia.

“Karena kalian adalah para prajurit Kostrad. Saya yakin Pangkostrad dan Pangdivif 1 Kostrad sudah memberi pembekalan kepada kalian. Sehingga kalian totalitas melaksanakan tugas panggilan Ibu Pertiwi ini untuk memberikan dharma yang terbaik bagi NKRI, ” katanya.

Pangdam juga berharap agar sesampainya kalian di Pos agar segera menyesuaikan dan beradaptasi, sehingga kehadiran Satgas bisa langsung dirasakan oleh masyarakat di sekitar tempat kalian bertugas, serta laksanakan serah terima pos dengan baik.

“Jadikan evaluasi untuk bekal kalian agar lebih baik dari pada penugasan sebelumnya,” perintah Mayjen TNI Iwan Setiawan.

Mayjen TNI Iwan Setiawan menyampaikan kepada prajurit, tugas pokok mereka di perbatasan diantaranya, melaksanakan Binter dan Komsos, mengamankan patok perbatasan, mencegah kegiatan ilegal dan penyelundupan serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat wilayah perbatasan.

“Terhitung mulai dari tanggal 22 Mei 2023 hingga 22 Mei 2024 selama 365 hari, di sepanjang 250 km sektor timur Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka mendukun tugas pokok TNI,” ujarnya.

Ia selaku Pangkogasgabpamwiltas Darat XII/Tpr menekankan kepada para prajurit Yonarmed 10/Bradjamusti melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Selalu menjaga kehormatan diri, keluarga dan satuan serta kehormatan NKRI. Selalu berbuat yang terbaik dan memberikan hal-hal yang positif dimana mereka berada.

“Adakan komunikasi dengan seluruh unsur dan tokoh yang ada di wilayah kalian berada. Kalian harus bantu kesulitan-kesulitan masyarakat yang ada di perbatasan. Kalian harus jadi contoh dan tauladan. Jangan ada yang melakukan tindakan-tindakan yang menyakiti hati rakyat,” tegas Mayjen TNI Iwan Setiawan.

Fram

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.