Wagub Steven Kandouw Hadiri Hapsa WKI sinode di Tombatu Mitra

Spread the love

Jurnalline.com, MITRA — Ribuan ibu-ibu padati perayaan ibadah agung Hari Persatuan (Hapsa) Wanita Kaum Ibu (WKI) Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), Jumat (26/5/2023).

Kegiatan diawali dengan Ibadah yang digelar di lapangan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara dengan dihadiri 7 Kabupaten Kota yang ada di Wilayah pelayanan GMIM yaitu Minahasa Manado, Tomohon, Bitung, Minahasa Selatan, Minahasa Utara dan Minahasa Tenggara sebagai tuan rumah.

Perayaan Hapsa W/KI dipimpin oleh Pdt. Jeffry Saisap, MTh, turut dihadiri Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandouw, Wakil Bupati Minahasa Dr. Robby Dondokamney, SSi, MM, MAP, bersama Ketua WKI Rayon Minahasa Pnt. Martina Dondokambey Lengkong, Sekda Minahasa Dr. Lynda Watania, serta Ketua Umum Panitia James Sumendap yang juga Bupati Minahasa Tenggara.

Dalam Khotbahnya mengutip pembacaan firma Tuhan dalam Kisah Para Rasul 1:14. “Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus”. Tukasnya

Ketua W/KI Sinode GMIM Pnt. Dra. Fenny Roring Lumanauw, SIP dalam sambutannya menyampaikan, bahwa sejarah Gereja hadir karena panggilan Yesus Kristus kepada manusia untuk menjalankan misi-Nya di tengah dunia.

“Sebagai ibu-ibu Tuhan yang telah dipanggil untuk mengemban misi Tuhan yang agung di tengah dunia ini di segala masa dan zaman adalah dedikasi yang sangat mulia serta melakukan kontribusi yang besar dalam kondisi apapun di segala bidang.” Inbuhnya

Lebih lanjut dalam sejarah perkembangan peran perempuan atau ibu ibu Tuhan selalu memperlihatkan bagaimana perempuan selalu berusaha menjadi perempuan perempuan hebat tanpa meninggalkan tanggungjawab yang telah terberi dalam kehidupannya yakni hamil, melahirkan, menyusui dan mendidik serta membesarkan anaknya. Dan peran ini nyata dalam hidup bermasyarakat maupun dalam bergereja.

“W/KI GMIM telah menyatakan dari zaman ke zaman keterlibatan menjaga persatuan Gereja Masehi Injili di Minahasa dengan peranan aktif menjalani panggilan sebagai Gerja yang Kudus, Am dan Rasuli,” ungkap Lumanauw.

Sejarah yang ada di daerah kita dan secara khusus pula sejarah gereja, gereja masehi injili di Minahasa, ibu ibu Tuhan yaitu istri istri Pendeta pada awal berdirinya gereja kita mengawali pelayanan dengan kepedulian kepada warga yang terpinggirkan di pesisir pantai, kepada orang-orang terlantar dan kemudian menjadi cikal bakal adanya Wanita Kaum Ibu GMIM.

“Oleh karena itu di Hapsa W/KI GMIM ini saya mengajak kita semua WKI GMIM terus jalankan panggilan Hidup dalam persatuan iman dan harapan yang sama: Persatuan adalah persaudaraan kasih, adalah pelayanan kasih, adalah tindakan konkrit untuk menjaga keutuhan dan memperkokoh gereja kita, membangun dan menumbuhkan iman warga GMIM dengan menanamkan ajaran Kristus di aras Jemaat, Wilayah Sinode,” tandasnya

W/KI GMIM harus benar benar mengikuti pola dan teladan Yesus, pelayanan Yesus, sebagaimana pesan Yesus sebelum la terangkat ke Sorga. Pelayanan-Nya tidak hanya focus pada Pemberitaan Injil semata, yaitu penobatan seseorang menjadi murid-Nya untuk memperoleh keselamatan jiwa, namun bersifat holistik, yakni juga memerhatikan kebutuhan sosial atinya pelayanan itu haruslah holistic.

Ditempat yang sama Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengatakan, WKI Sinode GMIM memberikan kontribusi terhadap pemerintah provinsi Sulut.

“Selama ini semua program pemerintah, warga GMIM khususnya WKI memberikan kontribusi yang baik. Termasuk dalam pelaksanaan penanganan covid selama 3 tahun terakhir.”

Kepada ibu ibu GMIM, teruslah berkiprah, teruslah berperan aktif, teruslah memberi diri dalam kehidupan rohani, aktif dalam kegiatan- kegiatan Kaum Ibu.

Karena, menurut suami Sekretaris TP PKK Sulut dr. Devi Tanos ini, dibalik laki-laki yang sukses ada wanita yang kuat, dibalik keluarga yang sukses ada wanita yang kuat.”
Tandasnya

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.