Dandim 0507/Bekasi Bersama Forkopimda Gunakan Baju Adat Jawa Saat Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya, Kota Bekasi – Bertempat di alun alun M. Hasibuan Kota Bekasi personil Kodim 0507/Bekasi turut mengikuti upacara peringatan hari Lahir Pancasila tahun 2023 digelar dengan para peserta upacara mengenakan baju adat dari daerah di Indonesia. Kamis (1/6/2023)

Pada kesempatan tersebut Dandim 0507/Bekasi Kolonel Kav Luluk Setyanto M.P.M., di dampingi Ibu Ketua Persit KCK Cabang XXI Ny.Wulan Luluk Setyanto, turut menggunakan pakaian adat dari Jawa dengan ciri khas blangkon, begitu juga para Forkopimda Kota Bekasi yang hadir turut mengenakan ragam baju adat dari Nusantara.

Hal ini menandakan dengan memakai baju adat dari masing masing daerah ialah membuktikan rasa toleransi untuk budaya di Indonesia sangat banyak dan merupakan rasa Bhineka Tunggal Ika menjadi pedoman di negara ini.

Sebelum upacara dimulai, para peserta upacara di suguhkan tarian Pancasila dari para peserta SMP Negeri se- Kota Bekasi dengan menampilkan tarian khusus dalam rangka Hari Lahir Pancasila ini. Yang dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra Kota Bekasi.

Upacara Peringatan hari Lahir Pancasila tahun 2023 kali ini di pimpin oleh PLT Walikota Bekasi Tri Adhianto.

Dalam amanatnya, Plt. Wali Kota Bekasi menyampaikan bahwa Pancasila hasil dari rangkaian proses yakni rumusan Pancasila pada tanggal 01 Juni 1945 yang langsung dipidatokan oleh Ir. Soekarno.

“Para founding father kita, ulama dan tokoh agama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh Nusantara membangun kesepakatan yang bisa mempersatukan kita melalui Pancasila, harus diingat kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman.” Kata Tri.

Lanjutnya, Dalam berkehidupan bangsa dan bernegara kita selalu mengalami tantangan, selalu diuji melalui penyalahgunaan media sosial maupun ujaran kebencian yang tidak sesuai dengan bangsa kita ini.

“Untuk itu, peran media sosial memang sangat harus berhati hati, karena sekarang ini jika kita salah mengaplikasikannya, akan menjadi viral, untuk itu waspada dalam mengembangkan media sosial, hal hal baik kita perlihatkan dan dicontohkan jangan terbalik.” Tegas Tri.

Pesan yang disampaikan juga mengenai ajakan dan peran aktif dari Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat semua elemen di Kota Bekasi untuk bersama sama menjaga Pancasila mengenai pemahaman dan pengamalan Pancasila perlu kita tingkatkan kembali.

“Tidak ada pilihan lain, kecuali kita harus bahu membahu menggapai cita cita bangsa sesuai dengan Pancasila, seluruh anak bangsa yang menjadi generasi penerus harus disatukan hatinya, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan kesatuan bangsa ini.” Kata Plt. Wali Kota.

Selanjutnya, dalam peringatan Hari Lahir Pancasila ini telah merasakan perkembangan sedikit semi sedikit untuk kemajuan di Kota Bekasi. Mari kita menjaga budaya kita dan selalu berdoa dalam kemajuan kota tercinta ini.

“Menjunjung tinggi integritas yang tak boleh sirna, semangat berkinerja baik dan gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global, demi terwujudnya Kota Bekasi yang cerdas, kreatif, maju sejahtera dan ihsan.” Tutup Tri.

Fram

(Sumber Kodim 0507/Bekasi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.