Jelang Tupdik, 95 Taruna AAL Tingkat Akhir Jalani Sidang Skripsi

Spread the love

Jurnalline.com, AAL – Sejumlah 95 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat IV angkatan ke-68 dijadwalkan menjalani sidang skripsi pada hari ini, Selasa (20/6) di Kompleks Kelas Ki Hadjar Dewantara, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya.

Para Taruna telah melalui serangkaian penelitian dan penulisan tugas akhir yang menguji pemahaman mereka tentang permasalahan sesuai Prodi dan kemampuan analisis mereka. Sidang skripsi ini merupakan tahap akhir dari perjalanan akademik mereka sebelum resmi dilantik menjadi perwira muda di TNI Angkatan Laut.

Sidang skripsi ini dilaksanakan Taruna setelah menyelesaikan penelitian mereka dengan topik yang beragam, mulai dari keamanan laut hingga teknologi maritim. Para Taruna mempresentasikan hasil penelitian mereka di hadapan Dosen Penguji yang terdiri dari para Kaprodi dan Dosen AAL. Dosen Penguji memberikan alokasi waktu 20 menit bagi Taruna untuk memaparkan karyanya dan 40 menit untuk pendalaman materi atau tanya jawab antara empat Dosen Penguji dengan Taruna yang diuji.

Sidang skripsi ini tidak hanya mengevaluasi kemampuan akademik para Taruna, tetapi juga menilai kemampuan mereka dalam berkomunikasi dan mengemukakan argumen secara efektif. Mereka diharapkan dapat menjawab pertanyaan dan tantangan dari Dosen Penguji dengan percaya diri dan logika yang solid.

Setelah sidang skripsi selesai, para Taruna akan menunggu pengumuman hasil yang akan menentukan kelulusan mereka. Untuk perbaikan atau revisi skripsi, lembaga memberikan tiga kategori revisi, yakni kategori Ringan diberikan alokasi waktu tiga hari revisi, kemudian Kategori Sedang selama lima hari perbaikan dan Kategori Berat selama 10 hari harus segera mengumpulkan hasil revisi yang sudah mendapat persetujuan hasil revisi dari Dosen Pengujinya masing-masing.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.