Lantamal XI Berangkatkan Bantuan Dengan KRI Untuk Korban Kebakaran di Ilwayab.

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL, Lantamal XI,- Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XI Merauke berangkatkan barang bantuan yang sudah terkumpul di Posko Penyaluran bantuan untuk korban kebakaran di Distrik Ilwayab, dengan menggunakan KRI Teluk Youtefa – 522. Kamis (29/06).

Sebelumnya sejak tanggal 26 – 28 Juni 2023 Lantamal XI membuka Posko donasi, untuk membantu korban yang mengalami musibah kebakaran di kampung Wogekel Distrik Ilwayab pada Hari Minggu, 25 Juni 2023 yang lalu.

Lantamal XI membuka Posko ini untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat umum maupun instansi Pemerintah dan Swasta yang ingin memberikan bantuan kepada korban musibah kebakaran, yang selanjutnya dibawa dengan KRI Teluk Youtefa – 522.

‘’Nanti malam sekitar pukul 19.00 WIT, KRI Teluk Youtefa – 522 yang akan membawa balik prajurit yang sudah melaksanakan tugas di Papua Selatan, sekaligus mengantar bantuan kemanusiaan tersebut bagi korban kembakaran di Wanam,’’ kata Danlantamal XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono S.H kepada wartawan, disela-sela penyembelihan hewan kurban yang dilakukan Lantamal XI Merauke.

Danlantamal XI menjelaskan bahwa dirinya bersama dengan Bupati Merauke, Danrem 174/ATW dan Kapolres Merauke telah menemui para korban kebakaran tersebut. Dari data yang diperoleh di lapangan, semua cukup memprihatinkan, karena sekitar 90 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal dan usaha mereka.

‘’Kami sudah melakukan komunikasi dengan warga yang ada di sana yang mengalami musibah. Bukan hanya masyarakat yang rumah dan kiosnya terbakar mengalami kesulitan tapi warga yang rumahnya tidak terbakar juga mengalami hal yang sama. Ini karena yang terbakar pasar yang selama ini menjadi pusat perekonomian warga. Jadi masyarakat kesulitan mencari makan karena pasarnya terbakar. Apalagi saat ini musim kemarau, hujan terbatas sehingga untuk air minum mereka kesulitan,’’ jelasnya.

Untuk itu, lanjut dia, ketika pulang dari Wanam tersebut, bupati Romanus Mbaraka mengambil langkah – langkah dan langsung mengirimkan bantuan awal pada malam itu, kemudian kita buka posko bantuan. Saya terima kasih karena begitu banyak bantuan yang terkumpul. Masyarakat kita sangat peduli terhadap saudara-sadara kita yang mengalami musibah kebakaran di sana,’’ tandasnya.

Danlantamal Gatot Mardiyono juga mengungkapkan bahwa dari 6 ekor sapi dan 14 ekor kambing yang disembeli oleh Keluarga Lantamal XI pada Idul Adha 1444 H tahun 2023, sebagian besar dagingnya akan dikirim untuk korban kebakaran di Wanam tersebut. ‘’Kebetulan freezer KRI cukup besar, sehingga sebagian dari daging hewan kurban yang kita sembelih hari ini akan kita kirim bagi saudara-saudara kita yang mengalami musibah kebakaran di sana,’’ tandasnya.

KRI Teluk Youtefa – 522 tolak dari Pelabuhan Umum Merauke Kamis, 29 Juni 2023 Pukul 19.00 WIT dari dermaga Umum Merauke menuju Ilwayab untuk selanjutnya mendistribusikan barang batuan kepada korban kebakaran.

Fram

(Dispen Lantamal XI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.