Meriahkan HUT Penerbangan TNI AL, Belasan Pesud Wing Udara 2 Puspenerbal Tampilakan Harmonisasi Formasi

Spread the love

Jurnalline.com, Sidoarjo Puspenerbal – TNI AL, Puspenerbal. (17/6). Hari Ulang Tahun ke-67 Penerbangan TNI AL yang jatuh pada Sabtu, 17 Juni 2023, seperti tahun sebelumnya, dilaksanakan di Apron Hanggar Fasharkan Pesud Lanudal Juanda.
Wing Udara 2 yang merupakan satuan operasi dengan berbagai unsur Pesawat Udara (Pesud) mengerahkan belasan unsur yang terdiri dari 1 unsur Beechcraft Baron G58, 6 unsur Beechcraft Bonanza G36, 3 unsur Piper Archer DX dan 3 unsur Bell 505 Jetranger X, keseluruhan Pesud dibawah Skuadron Udara 200 Wing Udara 2 Puspenerbal. Tidak tertinggal juga 1 unsur Helikopter Bell 412 yang bertugas sebagai banner flight dibawah Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 Puspenerbal.

3 jenis unsur fixed-wing membentuk formasi arrow besar flypast diatas podium, selanjutnya berpisah dari formasi, Bonanza G36 tampil kembali dengan callsign Rajawali Laut Flight menampilkan harmonisasi formasi yang dipimpin oleh Komandan Skuadron Udara 200, Mayor Laut (P) Ruby, formasi yang ditampilkan diantaranya Singray Formation, Echelon Right Formation, Arrow Formation dan Bomb Brust. Selanjutnya disusul dengan tarian yang indah dari 3 unsur helikopter Bell 505 dengan callsign Ranger Flight yang dipimpin oleh Mayor Laut (P) Rai yang menampilkan beberapa manuver indah dihadapan tamu undangan.

Rangkaian pertunjukkan tidak berhenti disana, disamping pasukan yang sedang laksanakan defile, seluruh unsur Pesud kembali melaksanalan flypast berurutan didepan Para Tamu Undangan. Sesusi dengan tema yang diambil dalam HUT kali ini, dicerminkan dalam harmonisasi formasi yang ditampilkan yang menunjukkan bahwa Penerbangan TNI AL telah siap untuk membangun Indonesia, memulihkan keadaan saat ini serta mendorong untuk bangkit bersama-sama.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.