Prajurit Lanudal Manado Ikuti Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat di Bandara

Spread the love

Jurnalline.com, Sidoarjo Puspenerbal – TNI AL, Puspenerbal. Sebagai wujud sinergitas, prajurit Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Manado mengikuti Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Dirgantara Raharja ke-109 tahun 2023 yang diselenggarakan PT. Angkasa Pura I di Bandara Sam Ratulangi Manado, Rabu (28/6/23).

Kegiatan Latihan yang dipimpin GM PT. AP I Bandara Samratulangi Manado, Minggus Gandeguay ini, dibuka secara resmi oleh VP Airport Safety PT. Angkasa Pura I, Dedy Sri Cahyono, dengan tema “Dalam semangat Transform To Elevate. “Kita tingkatkan komunikasi, koordinasi, dan jaring komando menuju satu tujuan yaitu pelayanan Bandara Sam Ratulangi menjadi Bandara Udara Kelas Dunia,” terang Dedy- sapaan akrab VP Airport Safety PT. Angkasa Pura I ini.

Menurutnya, Latihan PKD ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan petugas dalam menjaga sistem keamanan dan keselamatan dalam penanggulangan  kecelakaan penerbangan.

Untuk Latihan PKD kali ini lanjutnya, ada tiga materi yang dilatihkan, diantaranya Fire Building Exercise, Airport Security Exercise dan Aircraft Accident Exercise.

Tiga materi latihan tersebut, dimainkan dengan simultan oleh seluruh komponen Airport Emergency yang melibatkan unsur-unsur dari Lanudal Manado, Lanud Sam Ratulangi Manado, Sat Brimob Polda Sulut, Biddokkes Polda Sulut, Kiban Yonif Raider 712/Wiratama, Polsek Bandara Sam Ratulangi dan Kantor SAR Manado.

Sementara itu Komandan Lanudal Manado Letkol Laut (T) Tatang Yanuar Ristanto, M.Tr.Opsla menyambut baik penyelenggaraan Latihan PKD ini.

Ia memerintahkan personel dijajarannya untuk mendukung dan mengikuti jalannya latihan dalam upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan personel Lanudal Manado dibidang keamanan dan keselamatan penerbangan di bandara.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.