Rayakan Idul Adha, Lanudal Juanda Potong dan Bagikan 43 Hewan Qurban

Spread the love

Jurnalline.com, Sidoarjo Puspenerbal – TNI AL, Puspenerbal. Pada perayaan Idul Adha 1444 H kali ini, Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Juanda membagikan 43 ekor hewan qurban terdiri dari delapan ekor sapi dan 35 ekor kambing yang diserahkan dan dipotong di Halaman Masjid Lanudal Juanda Sidoarjo, Kamis (29/6).

Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo menyerahkan secara simbolis puluhan hewan qurban tersebut kepada Ketua Panitia Qurban tahun 2023, Letkol Laut (KH) M. Slamet, S. Ag. untuk dipotong dan dibagikan kepada yang berhak.

Sebelum pelaksanaan pemotongan hewan qurban, terlebih dilaksanakan Solat Idul Adha di halaman Balai Prajurit Poerbonegoro Prajurit RM Moedjono Poerbonegoro, Lanudal Juanda.

Pelaksana Solat Idul Adha yang dipimpin Imam dan Khatib K.H Munjamil S. Ag. ini, dihadiri juga para Pejabat Utama Puspenerbal, Wing Udara 2, Lanudal Juanda, warga sekitar Juanda dan para pekerja di Terminal 2 Bandara Juanda.

Ustadz Munjamil dalam uraian hikmah Idul Adha mengajak jamaah yang hadir untuk meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS.

“Sebagai umat yang beriman, sepantasnyalah kita meneladani nabiyuloh Ibrahim AS, serta memberikan tauladan bagi keluarga dan masyarakat, bahwa untuk mencapai tujuan tertentu dibutuhkan pengorbanan yang baik bagi kita semua,” terangnya.

Qurban lanjutnya, adalah ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT. Ibadah qurban melibatkan penyembelihan hewan tertentu dengan niat yang tulus dan mengikuti tata cara yang ditetapkan dalam agama Islam.

Salah satu tujuan qurban adalah untuk berbagi rezeki dengan sesama. Daging hewan kurban dibagi menjadi tiga bagian, di antaranya disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan, untuk dikonsumsi sendiri dan diberikan kepada keluarga serta kerabat.

“Hal ini diharapkan mampu mendorong kebersamaan, solidaritas, dan membantu mereka yang kurang mampu,” pungkasnya.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.