Tingkatkan Kreativitas Anak, Koarmada III Gelar Berbagai Macam Lomba Diatas Kapal Perang

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL/Koarmada III. KRI Teluk Weda – 526 yang merupakan salah satu jajaran Kapal Perang Satuan Kapal Amfibi/ Satfib Koarmada III turut menyemarakkan rangkaian peresmian Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sarmi, Papua dengan menggelar berbagai macam kegiatan, diantaranya adalah adalah melaksanakan lomba mewarnai dan lomba puisi bagi anak-anak sekolah diatas geladak kapal KRI Teluk Weda – 526 yan sedang sandar di Dermaga Sarmi Papua. Kamis (22/06/23).

Kehadiran kapal perang dengan ukuran yang cukup besar di Kabupaten Sarmi ini cukup memberikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat setempat untuk melihat dan berkeliling didalamnya. Memang, kapal perang ini dihadirkan selain untuk mendukung peresmian Lanal Sarmi juga untuk mengenalkan dan menumbuhkan kecintaan masyarakat Papua kepada TNI khususnya TNI Angkatan Laut.

Komandan KRI Teluk Weda-526 Letkol Laut (P) Ricky Tacoma mengatakan “tercatat 181 orang anak usia 5 s.d. 7 tahun menjadi peserta lomba mewarnai dan 25 orang peserta lomba membaca puisi dengan usia 8 tahun keatas, serta juga disiapkan buku buku bacaan yang bisa langsung dibaca diatas KRI Teluk Weda – 526 milik Koarmada III ini”.

Untuk menjadi pemenang lomba mereka harus memenuhi beberapa kriteria salah satunya yakni mewarnai gambar dengan obyek yang telah disiapkan oleh panitia yaitu dengan tema Pahlawan dan Negeriku, sementara itu untuk sistem penilaian dilihat dari tingkat keindahan, kerapian dan kemandirian anak dalam mewarnai, ujarnya.

Selain diadakan lomba-lomba para pengunjung dan anak-anak juga disuguhkan fashion show/penampilan para prajurit KRI yang mengenakan berbagai seragam kebanggan TNI AL dan kolone senjata dari prajurit Marinir Yonmarhanlan X yang didatangkan dari Jayapura dengan tujuan mengenalkan berbagai seragam dan atribut TNI AL kepada anak-anak dan pengunjung sehingga tumbuh kecintaan dan kebanggan mereka kepada TNI.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Sarmi Markus O. Mansembra dan Forkopimda setempat turut memberikan hadiah pada lomba mewarnai dan lomba puisi yang diikuti oleh anak-anak Kabupaten Sarmi yang digelar diatas KRI, dan menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sarmi sangat mengapresiasi kehadiran KRI Teluk Weda – 526 dan mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pihak TNI AL di daerah ini.
Sementara itu Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi memberikan apresiasi kepada Komandan KRI Teluk Weda – 526 yang turut peduli terhadap peningkatan pengetahuan anak-anak di daerah pesisir Papua dengan menyiapkan buku-buku bacaan bagi mereka.

Pelaksanaan berbagai kegiatan yang diadakan di atas KRI juga mendapatkan perhatian dan antusias masyarakat yang tinggi membuktikan bahwa keberadaan TNI Angkatan Laut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat di Kabupaten Sarmi, Papua, pungkas Panglima.

Fram

Kadispen Koarmada III

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.