Danrem 131/Stg Wakhyono Ikuti VidCon Program TNI AD

Spread the love

Jurnalline.com, MANADO – Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono menghadiri kegiatan Video Conference (Vidcon) dalam rangka peresmian penggunaan fasilitas air bersih program TNI AD Manunggal air dan pencanangan percepatan penurunan stunting.

Adapun pada Kegiatan yang secara serentak di seluruh Indonesia tersebut, Selasa (25/7/2023) dilaksanakan di Kelurahan Meras Lingkungan ll, Kecamatan Bunaken, Kota Manado.

Pangdam Xlll/Merdeka dalam sambutannya yang dibacakan oleh Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut merupakan suatu perwujudan perintah KASAD yang tertuang dalam Perintah Harian bahwa TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi.

“Program TNI AD Manunggal Air Bersih 2023 ini harus digunakan sebaik-baiknya oleh seluruh warga masyarakat dengan fasilitas air bersih secara bijak untuk itu pelihara dan rawat bersama fasilitas air bersih ini untuk memenuhi kebutuhan dengan optimal mungkin,” katanya.

Dia berharap kegiatan Bakti TNI seperti ini tidak berhenti sampai disini tetapi harus berlanjut pada kegiatan lain yang bermanfaat bagi warga masyarakat baik membantu warga kurang mampu dan pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan serta mewujudkan kemanungalan TNI dan Rakyat.

Pada kesempatan itu juga, Jenderal Bintang Satu yang akrab disapa Wakhyono itu mengatakan, untuk wilayah teritorial Korem 131/Santiago, terdapat beberapa titik peresmian penggunaan fasilitas air bersih program TNI AD Manunggal Air tahun 2023 yang tersebar di wilayah 6 Kodim jajaran Korem 131/Santiago.

“Saya berharap, dengan adanya fasilitas program air bersih TNI AD Manunggal ini masyarakat dapat memanfaatkan sebaik mungkin dan dijaga serta dirawat agar penggunaan fasilitas air bersih dapat dirasakan semua elemen masyarakat,” ujar Danrem 131/Santiago.

Sementara itu, Kasad Jendral TNI Dudung Abdurachman dalam sambutan melalui video konference mengatakan bahwa, TNI AD telah mencanangkan berbagai program untuk membantu kesulitan masyarakat dan ini merupakan cerminan dari implementasi 8 wajib TNI serta terdapat dalam perintah harian Kasad.

“Saya perintahkan kepada segenap satuan yang ada di jajaran untuk selalu hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat,” kata Dudung.

Menurut Dudung, sumber daya air sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal seperti, pertanian, peternakan, perdagangan, industri, rumah tangga dan aktivitas lingkungan lainnya.

“Air merupakan salah satu sumber kehidupan, ketersediaan air bersih sangatlah penting bagi kelangsungan hidup masyarakat dalam berbagai aktifitas kehidupan,” ujar mantan Pangkostrad tersebut.

Diakhir sambutannya, Kasad mengajak seluruh masyarakat untuk bersama sama memelihara sumber air sehingga masyarakat tidak lagi kesulitan air serta bergotong royong dan mendukung sepenuhnya program penuntasan stunting, karena hal ini sejalan dengan program Pemerintah Indonesia dalam penurunan angka stunting.

“Semua fasilitas tempat air yang telah dibuat agar supaya dirawat dan dijaga agar boleh digunakan sebaik-baiknya untuk kelangsungan hidup warga dan masyarakat. Serta seluruh jajaran TNI mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu Program TNI untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat,” pungkas Dudung Abdurachman.

Selain kegiatan peresmian penggunaan fasilitas air bersih melalui program TNI AD Manunggal Air, di tempat yang sama Danrem Wakhyono juga mengadakan kegiatan bakti sosial dengan membagikan paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan serta mencanangkan percepatan penurunan stunting pada anak anak.

Kegiatan Peresmian Penggunaan Fasilitas Air Bersih Program TNI AD Menunggal Air T.A 2023 dan Pencanangan Percepatan Penurunan stunting dilaksanakan secara terpusat di kota Banten dan diikuti oleh segenap jajaran TNI AD.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut turut dihadiri, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.