Diskes Kolinlamil Siap Optimalkan Layanan Kesehatan Untuk Prajurit Dan Masyarakat

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Kepala Dinas Kesehatan Komando Lintas Laut Militer Letkol Laut (K) dr. Syarif Mustika Harinurdi memimpin jalannya upacara bendera yang diikuti segenap prajurit dan PNS jajaran Kolinlamil di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (24/7). Upacara pengibaran bendera Merah Putih yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin ini merupakan salah satu upaya untuk memupuk jiwa nasionalisme dan pembentukan karakter prajurit dan PNS jajaran Kolinlamil tentang nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan sekaligus menyampaikan kebijakan serta arahan Pimpinan.

Dalam kesempatan tersebut, Kadiskes Kolinlamil menyampaikan bahwa Kolinlamil sebagai bagian dari TNI merupakan alat utama pertahanan negara yang selalu turut hadir untuk berperan aktif dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi TNI sesuai amanat undang-undang. Hadirnya Kolinlamil memiliki makna strategis, salah satu diantaranya membantu Pemerintah dalam upaya penguatan konektivitas maritim, pengelolaan sumber daya kelautan yang berkelanjutan, serta perlindungan dan pengamanan laut.

Lebih lanjut, disampaikan pula dalam tema HUT ke-62 Kolinlamil “Kolinlamil Kuat, Angkatan Laut Hebat, TNI Maju Bersama Rakyat, Indonesia Bangkit Lebih Cepat”, yang dimana tema ini mengandung konsekuensi logis untuk diwujudkan dengan membangun optimisme bahwa kolaborasi antara Kolinlamil sebagai bagian dari TNI AL dengan berbagai pihak lain merupakan kunci kesuksesan dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional, pembangunan wilayah maritim dan kesejahteraan masyarakat menuju Indonesia negara maritim yang maju dan sejahtera sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI.

“Kita flashback pada masa pandemi lalu, melawan pandemi Covid-19 saat itu seperti perang yang menguras tenaga, pikiran, mental dan semangat juang serta perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan, sinergi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan tekonologi. Keberhasilan kita telah menangani pandemi Covid-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI/TNI AL dalam hal ini Kolinlamil bersama Diskes Kolinlamil yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk alutsista yang digunakan dan dikerahkan.” ujar Kadiskes Kolinlamil

Kadiskes Kolinlamil juga menyampaikan arahan dari Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. terkait dengan penugasan yang semakin kompleks agar Diskes Kolinlamil selalu memberikan dukungan kesehatan yang optimal dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan memenuhi kebutuhan kesehatan prajurit serta pengendalian kesehatan di lingkungan Kolinlamil. Kemudian setiap fasilitas kesehatan harus memenuhi standar akreditasi yang ditetapkan pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan mutu kerja dengan perbaikan berkelanjutan pada sistem penyelenggaraan pelayanan klinis.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam beberapa kesempatan telah menekankan kepada seluruh jajaran TNI AL akan pentingnya upaya-upaya untuk menjaga kesehatan dan selalu meningkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis.

Dre

(Dispen Kolinlamil)

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.