Kapolres Ketut Suryana Pimpin
Apel Gelar Pasukan Opswil Patuh Samrat Polres Minahasa2023

Spread the love

Jurnalline.com, Tondano (MINAHASA) — Kapolres Minahasa AKBP Ketut Suryana, SIK, SH, MM memimpin Apel Gelar Pasukan Kepolisian Kewilayahan PATUH SAMRAT 2023 Polres Minahasa dengan mengangkat tema “Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa” Senin (10/07/2023) pukul 08.10 Wita.

Tampil sebagai Komandan Apel KBO Sat Lantas IPDA Bobby Elias serta Perwira Upacara Kasat Lantas IPTU. M. Syarif Subarkah, S.Trk. Adapun Susunan pasukan terdiri dari 1 Pleton Kodim 1302 Minahasa, 1 Pleton Gabungan Staf, 1 Pleton Samapta Polres Minahasa,1 Pleton Sat Lantas, 1 Pleton Gabungan Intel dan Reskrim, 1 Pleton Pol PP Kab. Minahasa, 1 Pleton Dinas Damkar Kab. Minahasa, 1 Pleton Ormas LMI Kab. Minahasa.

Kapolres Minahasa AKBP Ketut Suryana, SIK, SH, MM, dalam arahannya menyampaikan pada kesempatan yang baik ini marilah kita tidak henti-hentinya memuji keagungan Tuhan Yang Maha Kuasa dan mensyukuri nikmat yang telah dikaruniakan kepada kita sehingga kita dapat hadir di tempat ini dalam rangka Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi PATUH SAMRAT 2023.

“Momen operasi PATUH SAMRAT tahun ini juga bersamaan dengan penyelenggaraan agenda Nasional yaitu Pemilu 2024 di mana pada saat ini sudah dalam tahap keenam yaitu pencalonan DPD dan DPR maupun DPRD.” Ujarnya

Diketahui bahwa Operasi kepolisian bersama dengan TNI pemerintah daerah, Mitra Kamtibmas dan stakeholders merupakan salah satu bentuk upaya kita untuk menggapai kesuksesan pesta demokrasi Pemilu 2024. “Situasi terkait kamseltibcar lantas, angka kecelakaan lalu lintas selama 3 bulan terakhir mengalami kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 87,25% dari sejumlah 226 kecelakaan pada bulan Maret menjadi 231 kecelakaan pada bulan april dan 259 ke kecelakaan pada bulan Mei dan Untuk korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas juga mengalami kenaikan 70%.” Ungkap Suryana

Karenanya Dalam rangka memelihara kondusifitas Kamtibmas menjelang tahap ini pesta demokrasi Pemilu tahun 2024 Polri beserta seluruh jajaran, didukung kekuatan TNI, instansi terkait serta komponen masyarakat lainnya, menggelar operasi PATUH SAMRAT 2023 selama 14 Hari, mulai tanggal 10 sampai dengan 23 Juli 2023, yang difokuskan pada bidang lalu lintas.
“Dengan mengedepankan kegiatan preventif dan penegakan hukum secara proporsional.” Jelas Kapolres

Lanjutnya dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, ada beberapa penekanan yang perlu untuk dipedomani dan dilaksanakan, diantaranya ;

  1. Lakukan pagelaran kekuatan secara tepat pada setiap titik rawan macet, rawan kecelakaan lalu lintas serta kriminalitas, melalui koordinasi dan kerjasama yang efektif dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat, 2. Tingkatkan kewaspadaan diri dan kesatuan terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror, yang memanfaatkan momen operasi maupun aktivitas masyarakat lainnya, 3. Optimalkan penggunaan peralatan dan sarana prasarana yang dimiliki, dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan operasi, 4. Lakukan terobosan kreatif yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, untuk mewujudkan Kamtibmas dan kamseltibcarlantas yang aman, nyaman dan kondusif selama pelaksanaan operasi, dan 5. Lakukan tindakan tegas namun Humanis terhadap setiap pelanggaran yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas maupun kamseltibcar lantas selama pelaksanaan operasi.

Pada kesempatan tersebut Kapolres AKBP. Ketut Suryana juga Menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi segenap pihak dalam menyelenggarakan apel gelar pasukan ini dan mengikuti arahan Presiden dalam upacara HUT Bhayangkara ke-77 tahun.

“Seluruh petugas harus mawas diri dn hati-hati dalam bersikap karena masyarakat selalu mengawasi perilaku baik dalm bertugas maupun dalam bermasyarakat”. Tandasnya

Hadir dalam kegiatan Dandim 1302 Minahasa
LETKOL INF. Mutakbir, Asisten I Setda Kab. Minahasa
Drs. Riviva Maringka, M.Si, Kadis Kesehatan Kab. Minahasa,
dr. OLIVIANE RATU, Sekretaris Dinas Damkar Kab. Minahasa
Jhon Pantouw, Kabid Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Sat POL-PP Kab. Minahasa
Marciano Kewas, SIP, PJU Polres Minahasa, dan Pimpinan Ormas Laskar Adat Manguni Kab. Minahasa Noldy lila.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.