Keluarga Besar SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo Songsong TP.2023/2024, Laksanakan Rekreasi

Spread the love

Jurnalline.com, Bandung – Setelah melaksanakan KBM selama TP. 2022/2023. keluarga besar SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo melaksanakan rekreasi ke kawasan wisata Bandung dan sekitarnya selama 4 hari ( 06-08 Juli 2023). Rekreasi mengambil lokasi di kawasan Bandung Jawa Barat meliputi Saung Angklung Mang Udjo, Great Asia – Afrika, Farm House, Floating Market, Masjid Al Jabbar. Tour ke Bandung City tersebut di kawal langsung oleh Kasatdi SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo Sumiyati, S.Pd serta Waka Kurikulum dan Humas Fatimatus Zahra, M.Pd dan Waka Sarpras dan Kesiswaan Sony Indrawan , M.Pd.

Adapun tujuan diadakanya rekreasi bagi guru dan karyawan SMP Hang Tuah 5 adakah untuk melepas penatnya selama penyelenggaraan KBM TP.2022/2023, merekatkan hubungan sesama guru dan karyawan. Karena melalui rekreasi ini mereka bisa saling berkomunikasi lebih dekat , mengenal satu sama lainnya sehingga rasa kekeluargaan akan semakin kuat. Disamping itu menurut Kasatdik SMP Hang Tuah 5 ini rekreasi juga dapat menimbulkan ide-ide baru yang cemerlang dan dapat menambah wawasan baru.

Tidak kalah pentingnya dalam suasana rekreasi ini beberapa guru juga dengan suka rela tidak mengikuti rekreasi karena panggilan tugas menangani PPDB TP.2023/2023 yang waktunya juga bersamaan. Dengan demikian semua bisa berjalan bersama-sama.

Selama berada di Bandung rombongan menginap di hotel Grand Tjokro Bandung. Pada hari kedua saat pelaksanaan ramah tamah / makan malam keluarga besar SMP Hang Tuah 5 Candi juga melaksanakan pelepasan kepada guru dan karyawan yang telah mengakhiri masa tugas di SMP Hang Tuah 5, mereka ini antara lain Lilik Handayani, S.Pd, Choirul Wahib, S.Pd, Lita Mintarsih, S.Pd, Nian Luriana, S.Pd, Eli Anjarwati, S.Pd, Siti Masruroh, S.Pd, Nur Azizah, S.Pd. Dari ke tujuh guu yang dilepas tersebut da 2 guru yang tidak bisa hadir, ( Lilik Handayani, S.Pd dan Eli Anjarwati , S.Pd d karenakan tugas yang tidak bisa di tinggalkan.

Kepada para guru tersebut dari manajemen sekolah memberikan cinderamata, karena mereka selama beberapa tahun sudah mengabdikan diri dan turut berperan aktif dalam keberlangsungan KBM mencerdaskan peserta didik di SMP Hang Tuah 5.

Kasatdik SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo Sumiyati, S.Pd secara pribadi dan kelembagaan mengucapkan banyak terima kasih atas pengabdiannya selama ini, mudah-mudahan segala bentuk pengorbanannya menjadi amal kebaikan, pungkasnya.

Selama dalam tour Bandung City , saat berada di Saung Angklung Udjo seluruh guru dan karyawan SMP Hang Tuah 5 disuguhi pertunjukan seni budaya di Saung Angklung Udjo, boleh jadi dikatakan sebagai etalase seni dan budaya jawa barat khususnya dan nasional pada umumnya, yang dibalut dengan kemasan alat musik angklung.

Demontrasi Saung Angklung Udjo ini menampilkan anak2 kecil dan dewasa yang berdomisili daerah sekitar Saung Angklung Udjo , mereka dilatih oleh pihak Saung Udjo mengenai pendidikan musik khususnya angklung , gamelan musik modern, dan tari tari an, mereka semua sudah turun temurun per regenerasi sampai anak cucu yang keberadaannya sejak tahun 1966.

Semua demontrasi ini di pandu oleh Ocha, instruktur Angklung Kang Yayan Udjo, berbagai macam seni di kemas apik dengan tampilan tari Helaran /arak-arakan anak sunat, tarintopeng, Arumba angklung mini, angklung massal serta menari bersama audience yang mana seluruh guru dan karyawan Yayasan Hang Tuah terlibat langsung.

Menurut Tata Hendayana dari divisi pertunjukan kegiatan di Sanggar Saung Udjo ini merupakan usaha pemerintah daerah dalam melestarikan tradisi seni dan budaya Sunda khususnya dalam Visi melestarikan mengembangkan, serta memasarkan seni dan budaya tradisi

Kegiatan selanjutnya pada hari ke dua berkunjung ke Great Asia Afrika di Bandung sudah terkenal dengan Konferensi Asia Afrika. Makanya disini menampilkan bangunan dan budaya dari sebagian negara Asia Afrika

The Great Asia Afrika memang memiliki sensasi berkeliling ke tujuh negara. Sebab disana terdapat miniatur negara dari Indonesia, Korea Selatan, Thailand, India, Timur Tengah, Jepang hingga Afrika.

Selain miniatur negara berupa bangunan, The Great Asia Afrika juga menghadirkan berbagai budaya dari tujuh negara seperti kostum khas hingga tradisi yang biasa digelar di negara-negara Asia Afrika tersebut.

Selanjutnya pada hari ke tiga, rombongan dari SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo yang termasuk dalam naungan Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah dengan Ketua Pengurusnya Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP melanjutkan kunjungan ke Masjid Raya Al -Jabbar yang berada di jalan Cimencrang No.14 Cimenerang Gedebage Bandung sekaligus untuk melakukan Sholat dhuhur di masjid tersebut. Selanjutnya menuju ke Pasar Baru Bandung mencari bekal buah tangan untuk oleh-oleh keluarga.

(Fram/yht/dar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.