Koarmada III Gunakan Momentum Tahun Baru Islam 1445 H Sebagai Media Dalam Memperkuat Persaudaraan

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL/Koarmada III – Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi menghadiri acara peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H/2023 M, yang diikuti Pejabat Utama Koarmada III, seluruh Prajurit dan PNS Koarmada III serta Prajurit Pasmar 3 di Masjid Baiturahman, Mako Armada III, Katapop, Sorong, Papua Barat Daya. Adapun tema peringatan tersebut adalah “Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1445 H/ 2023 M, Kita Tingkatkan Takwa, Mantapkan Akhlak Mulia dan Kuatakan Persaudaraan. Rabu (26/07/23).

Kegiatan Tahun Baru Islam di Koarmada III kali ini diisi dengan ceramah agama oleh Ustadz H. Immanuel Syukri Moifilit, S.Pd.I., Ketua Forum Kerukunan Umat Beriman (FKUB) Provinsi Papua Barat Daya dengan tujuan untuk melakukan refleksi diri dalam meningkatkan ketakwaan, memantapkan aklhak mulia dan memperkuat persaudaraan baik antar Prajurit Koarmada III maupun dengan masyarakat Papua Barat Daya.

Peringatan Tahun Baru Islam 1445 H merupakan peristiwa simbolis yang mengandung harapan bagi umat Islam untuk meraih pengharapan yang lebih baik. Tahun baru yang didasarkan pada keyakinan dan kesadaran kita terhadap peristiwa penting dalam kehidupan Nabi Besar Muhammad SAW yaitu hijrahnya beliau dari kota Makkah ke Madinah.

Peringatan terhadap peristiwa tersebut, diharapkan umat islam akan dapat memetik hikmah dan mengambil nilai-nilai keteladanan, semangat juang, keteguhan, keimanan dan sikap percaya diri dari Nabi Muhammad SAW dalam meninggalkan keburukan menuju kehidupan yang lebih baik. Tentunya akan mengilhami kita dalam setiap sikap dan perilaku, baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam melaksanakan tugas sehari-hari sebagai prajurit TNI Angkatan Laut.

Panglima Koarmada III mengatakan peringatan tahun baru islam ini agar dijadikan sebagai momentum untuk betul-betul memahami dan mengilhami setiap gerak langkah prajurit, melalui pengamalan nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI AL guna meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kita dalam meningkatkan ketakwaan, memantapkan akhlak mulia dan memperkuat persaudaraan antar prajurit Koarmada III maupun kepada masyarakat Papua, pungkas Panglima.

Dre

Kadispen Koarmada III

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.