Komandan Puspenerbal Hadiri Tupdik dan Wisuda Sarjana 94 Taruna AAL

Spread the love

Jurnalline.com, TNl AL-Puspenerbal – (Dispen Puspenerbal). Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksda TNl Imam Musani, S.E., M.Si., M. Tr. Opsla., didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Puspenerbal Ny. Anik Imam Musani menghadiri Upacara Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana 94 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-68 di Gedung Maspardi AAL, Bumimoro, Surabaya, Rabu (12/7/2023).

Pada Wisuda tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyematkan Bintang Adhi Makayasa kepada lulusan terbaik Angkata ke-68 yang diraih oleh Sermatutar (P) Hermawan Burhanudin Tri Putro, S.Tr (Han).

Sebelumnya, Kasal juga menyerahkan piagam penghargaan kepada lulusan terbaik dari masing masing korps, yaitu kepada Sermatutar (P) Hermawan Burhanudin Tri Putro, S.Tr (Han) dari Korps Pelaut, Sermatutar (T) Yusril Iqbal Dwiyansah, S.Tr (Han) dari Korps Teknik, Sermatutar (E) Bima Tirta Ade Wijaya, S.Tr (Han), dari Korps Elektronika, Sermatutar (S) Aldo Triana Putra, S.Tr (Han) dari Korps Suplai dan Sermatutar (M) Gilang Dirgantara Putra, S.Tr (Han). dari Korps Marinir serta Karya Tulis Terbaik yang diraih Sermatutar Audray Belinda Indri, S.Tr (Han).

Upacara Tupdik dan Wisuda kali ini, ditandai dengan pengalungan samir (kalung wisuda) kepada para wisudawan oleh Kasal. Sementara itu, penyerahan ijazah tanda lulus kepada para Taruna oleh Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi dan ucapan selamat atas kelulusan para Taruna dari Komandan Jenderal Akademi TNI, Letjen TNI Teguh Arief.

Dengan berakhirnya pendidikan tersebut, maka 94 alumni D4 (setara S1) Lembaga Pendidikan AAL ini, berhak menyandang gelar S.Tr (Han) (Sarjana Terapan Pertahanan) dengan lima Program Pendidikan, yaitu Korps Pelaut dengan Prodik Manajemen Pertahanan Matra Laut.

Kemudian Korps Teknik dengan Prodik Teknik Mesin Kapal Perang, Korps Elektro dengan Prodik Teknik Elektronika Kapal Perang, Korps Suplai dengan Prodik Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut, serta Korps Marinir dengan Prodik Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat.

Para Taruna AAL yang dinyatakan lulus tersebut terdiri dari 32 orang Korps Pelaut, 12 orang Korps Teknik, 13 orang Korps Elektronika, 15 orang Korps Suplai, dan 22 orang Korps Marinir

Kasal dalam sambutannya mengatakan, sebagai kawah Candra Dimuka Satria Muda Akademi Angkatan Laut, merupakan lembaga pendidikan pertama yang bertanggung jawab dalam menyiapkan generasi baru calon pemimpin-pemimpin TNI AL, TNI dan pemimpin negara yang memiliki karakter profesional, visioner, inovatif dan berintegritas tinggi.

Pendidikan pertama dengan metode pengajaran pelatihan dan pengasuhan lanjut Kasal, merupakan pondasi penting guna membentuk karakter para prajurit jalasena dalam meningkatkan wawasan mental kejuangan serta kepribadian yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan tugas-tugas di masa mendatang.

Kasal berpesan kepada para perwira muda yang akan segera memasuki penugasan dijajaran satuan operasional baik di KRI maupun di tengah pasukan Batalyon Marinir harus mampu beradaptasi cepat dengan lingkungan-lingkungan yang baru.

“Seiring selesainya pendidikan di Kampus AAL, persiapkan diri kalian dengan terus berlatih dan belajar untuk meningkatkan kemampuan serta menerapkan semua bekal dan pengetahuan yang telah kalian terima di lembaga pendidikan ini secara tepat dan baik,” pesannya.

Selain itu, Kasal juga menyampaikan ucapkan selamat pada Taruna yang telah menunjukan prestasi dengan meraih Bintang Adhi Makayasa dan lukisan terbaik tiap korps dan penulis skripsi terbaik. Jadikanlah prestasi tersebut sebagai modal awal dan motivasi untuk terus berkarya yang terbaik.

Dre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.