Kunjungan Marathon, Ketum Yayasan Hang Tuah Courtesy Call Ke Yayasan Nala dan Tinjau 8 Satdik YHT Cabang Surabaya

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Dalam rangka menjalin kerjasama antara dua Yayasan milik TNI AL yang sama-sama bergerak dalam bidang pendidikan, Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) Dr. Dani Achdani, S.Sos, S,E ., M.A.P dan Ketua Umum Yayasan Nala B. Ken Tri Basuki, M.Phil., M. Tr., Opsla., IPM., ASEAN Eng mengadakan Courtesy Call yang berlangsung di kantor Yayasan Nala(11/07/23).

Pembicaraan kedua pemimpin itu berlangsung hangat dan membicarakan berbagai perkembangan khususnya di dunia pendidikan. Ketum YHT menyampaikan kepada Ketua Yayasan Nala bahwa, lulusan satdik Yayasan Hang Tuah (SMA Hang Tuah 1, SMA Hang Tuah 2, SMA Hang Tuah 4, SMA Hang Tuah 5, SMK KAL-1, SMK KAL 2 dan SMK Farmasi Sekesal Hang Tuah yang berada di kota Surabaya dan satdik yang diluar Surabaya juga ada yang menentukan pilihannya untuk melanjutkan kuliah di Universitas Hang Tuah.

Dalam kesempatan tersebut Ketum YHT menyampaikan bahwa kepada Ketua Umum Yayasan Nala ( sebagai pengelola UHT) agar kiranya para alumni dari satuan pendidikan Yayasan Hang Tuah yang akan melanjutkan pendidikan/ kuliah di Universitas Hang Tuah agar mendapatkan prioritas kemudahan, dan Kami sebagai Ketum YHT juga akan membatu promosi agar para alumni SMA, SMK KAL dan SMK Farmasi Sekesal Hang Tuah dapat melanjutkan ke Universitas Hang Tuah.

Selesai dari kunjungannya ke Yayasan Nala rombongan Ketum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) Dr. Dani Achdani, S.Sos, S,E ., M.A.P yang di dampingi oleh Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP, Kabiddik Dra. Ramayanti dan Kasatdik SMK KAL-2 Sri Retno Pudjiwahyuni, S.Pd ., M.M melakukan kunjungan ke Universitas Hang Tuah yang diterima oleh Laksda (Purn) Prof .Dr.Ir. Supartono M.M.,CIQaR selaku Rektor UHT, Laksda (Purn) Prof. Dr. Ir. Siswo HS, S.T., M.MT., IPU selaku Wakil Rektor 2 dan Laksda (Purn) Dr.Sulistyanto, S.E., M.M., M.Sc., PSC selaku Wakil Rektor 3 UHT. Perlu di ketahui UHT ini telah berdiri sejak tahun 1987 dan hingga saat ini dibawah pembinaan Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M.,M.Tr., Opsla.

Dengan adanya MoU antara Yayasan Nala dengan Yayasan Hang Tuah maka hal ini akan menarik animo masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya ke satuan pendidikan di bawah naungan YHT, dalam kesempatan in Ketum YHT juga mengajukan surat permohonan kemudahan dan keringanan bagi lulusan SMA/SMK Hang Tuah.

Bagi siswa yang berminat studi lanjut di UHT maka ada kemudahan dan keringanan yang telah diatur sebagai berikut : dana pembangunan sebesar 50% bagi putra- putri anggota TNI AL, dana pembangunan sebesar 25% untuk putra- putri umum
dengan syarat menyertakan surat keterangan / surat pernyataan yang ditandatangani Kepala Sekolah bahwa lulusan tersebut benar-benar siswa dari satuan pendidikan Hang Tuah.
Kemudahan dan keringanan tersebut tidak berlaku untuk Fakultas Kedokteran, dengan jurusan Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi. Disamping itu yang juga menarik adalah adanya Buku Kebaharian yang dibuat oleh dosen-dosen dari tim UHT bersama guru YHT Cabang Surabaya agar dikaji ulang relevansinya dengan perkembangan keilmuan yang cukup pesat saat ini.

“Ketum Yayasan Hang Tuah selama di Surabaya di samping melakukan kujungan ke Yayasan Nala dan UHT, juga sempat mengadakan peninjauhan ke 8 satuan pendidikan yang berada di naungan Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah, antara lain SMP Hang Tuah 5, TK Hang Tuah 22, SD Hang Tuah 9, SMA Hang Tuah 5, SMA Hang Tuah 2, TK HangTuah 7, SMK Farmasi dan SD Hang Tuah 7 Selama di satdik-satdik tersebut Ketum YHT di dampingi Kapeng Cabang Surabaya YHT dan Pengurus Inti meninjau pembangunn sarana dan prasarana sekolah yang sedang berlangsung sehingga dengan adanya peninjauhan oleh Ketum ini progres report dapat berjalan sesuai harapan dan pada akhirnya pembangunan akan selaesai tepat waktu serta monitor perolehan siswa dalam PPDB TP.2023/2024 “, tuturnya.

Dalam sesi akhir kunjungan ke Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Ketum YHT juga menghadiri Rapat RKAT Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah yang juga berlangsung secara Zoom meeting dimana dalam pelaksanaanya seluruh pengurus inti PPYHT mengikutinya , antara lain Anggota Pembina Bidang Umum Pusat YHT Laksma (Purn) Dr. Ir. Trismadi, M.Si., Ipu, Anggota Pengawas Pusat YHT Laksma (Purn) Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C. Fr.A., CRMP, Sekertaris Pusat YHT Eka Agustina , A.Md, Kabidbang Pusat YHT Kol (Purn) Zaenal Abidin Irawan, S.H., M.H, Kabiddik Pusat YHT Kol (Purn) Regeng Pramono, S. Kom., M.M, Bendahara Pusat YHT Dra. Erni Megawati.

Kepada seluruh pengawak Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Ketm YHT menyampaikan agar pembayaran dulu kontribusi satuan pendidikan ke YHT kemudian nominal kontribusi tersebut akan diserahkan kembali ke satdik dalam bentuk bantuan dari Cabang Surabaya YHT, MBS tidak hanya mempertimbangkan standar pembiayaan, skala prioritas untuk anggaran pembangunan satdik yang membutuhkan,tetap dianggarkan untuk pembelian/pengadaan alat laboratorium sekesal, sebagai cadangan dana pengadaan dan pembelian bahan laboratorium dan laporan Kapeng Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah bahwa Evaluasi MBS oleh Cabang Surabaya YHT dilaksanakan secara berkala untuk satdik MBS di lingkungan Cabang Surabaya YHT.

(Drie/yht/dar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.