Pangkostrad Hadiri Peringatan HUT Ke-62 Kolinlamil

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc., menghadiri upacara parade dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-62 Komando Lintas Laut Militer, yang berlangsung di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Senin (3/7).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam upacara parade sebagai puncak peringatan HUT ke-62 Kolinlamil adalah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dan dihadiri oleh Pejabat Utama Mabesal, Pemimpin Kotama TNI AL, Panglima Kolinlamil dari masa ke masa, para Pejabat TNI, Polri dan Forkopimda wilayah Jakarta Utara serta stakeholder kemaritiman.

Secara keseluruhan puncak perayaan HUT ke-62 Kolinlamil berjalan dengan hikmat dan memukau seluruh tamu undangan yang hadir dari penampilan demonstrasi kecakapan prajurit Kolinlamil berupa kolaborasi seni bela diri dengan kesenian tradisional yang terdiri dari Rampak Bedug, Rampak Gendang, Tari Kipas Pakarena, Tari Badinding, Beladiri Karate dan Taekwondo serta kesenian tradisional debus. Seluruh rangkaian demo tersebut diiringi oleh penampilan band kebanggaan Kolinlamil yaitu Kolin Power Band.

Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai negara kepulauan, bangsa Indonesia memiliki pemahaman yang mendalam bahwa laut bukanlah pemisah melainkan menjadi benang merah yang menghubungkan ribuan pulau menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Peran laut sebagai pemersatu terus diperkuat melalui berbagai upaya pembangunan yang komprehensif. Pada konteks ini hadirnya Kolinlamil memiliki makna strategis yaitu membantu Pemerintah dalam upaya penguatan konektivitas maritim, pengelolaan sumber daya kelautan yang berkelanjutan serta perlindungan dan pengamanan laut.

Kolinlamil sebagai kotama operasi berhasil menyelenggarakan operasi angkutan laut militer dengan baik. Dalam kurun waktu enam dekade pengabdiannya, Kolinlamil secara konsisten mendukung terwujudnya TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh.“Peringatan ulang tahun Kolinlamil dengan mengangkat tema “Kolinlamil Kuat, Angkatan Laut Hebat, TNI Maju Bersama Rakyat, Indonesia Bangkit Lebih Cepat” ini mengandung konsekuensi logis untuk dibuktikan dan diwujudkan

“Melalui tema ini kita membangun optimisme bahwa kolaborasi antara Kolinlamil sebagai bagian dari TNI AL dengan berbagai pihak lain merupakan kunci kesuksesan dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional, pembangunan wilayah maritim dan kesejaheraan masyarakat.” ungkap Kasal

Usai rangkaian upacara parade, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han., M.H., mengucapkan terima kasih atas kejuangan dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh personel yang terlibat dalam rangka menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan puncak peringatan HUT ke-62 Kolinlamil tahun 2023.

“Gelora semangat yang kalian teriakkan adalah nyala api yang berkobar dalam diri setiap prajurit. Tidak ada batas untuk ambisi dan keinginan kalian dalam menjalankan tugas mulia, ketangguhan, dan kecakapan menjadikan kalian pioneer dalam menjawab panggilan tugas. Dirgahayu ke-62 Komando Lintas Laut Militer,” pungkas Panglima Kolinlamil.

Panglima Kolinlamil juga memberikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang turut serta mendukung terlaksananya seluruh kegiatan sehingga berjalan dengan aman dan lancar.

Dalam peringatan HUT Ke-62 Kolinlamil, acara dimeriahkan berbagai pertunjukan, di antaranya atraksi debus, bela diri, tarian-tarian tradisional, dan musik. Di lokasi yang sama, Kasal juga menyerahkan tanda kehormatan Satyalancana Kesetiaan kepada perwakilan prajurit yang telah setia berdinas di TNI AL selama 8 tahun, 16 tahun, 24 tahun, dan 32 tahun.

Fram
(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.