Pastikan Seluruh Pelaku Paham Skenario Latihan, Kogasgabratmin Gelar Pre Sail Brief Dan TFG

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Guna memastikan kembali seluruh pelaku yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) memahami skenario latihan dalam Latihan Gabungan TNI 2023, Panglima Komando Lintas Laut Militer selaku Panglima Kogasgabratmin Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. menggelar kegiatan Pre Sail Brief dan Tactical Floor Game (TFG) di hanggar helly KRI Banda Aceh-593 yang tengah sandar di Dermaga Semampir Baru, Komplek Koarmada II, Ujung, Surabaya, Sabtu (20/7). Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Staf Kogasgabratmin Laksma TNI Singgih Sugiarto, Asisten Panglima Kogasgabratmin, Komandan Satuan Tugas Laut, Komandan dan Perwira KRI Kogasgabratmin.

Mengawali Pre Sail Brief, Panglima Kogasgabratmin kembali menekankan kepada seluruh pelaku agar memahami dengan pasti tugas dan tanggung jawabnya masing-masing dalam pelaksanaan manuver lapangan Latgab TNI 2023. Yang tidak kalah pentingnya adalah melaksanakan latihan gabungan TNI dengan tetap berpegang teguh pada Standar Operasional Prosedur dalam setiap pelaksanaan serial latihan dan keselamatan personel dan materiil tetap menjadi prioritas utama. Terkait dengan serial latihan Lawan Sabotase Bawah Air (LSBA), Panglima Kolinlamil meminta prajurit jaga agar menggunakan mekanisme yang telah ditentukan bilamana menemukan atau menangkap sabotir.

“Ingat, sabotir dalam latihan ini adalah kawan-kawan kita sendiri. Jangan menggunakan cara-cara yang tidak elegan atau kekerasan ketika kalian menemukan atau menangkap mereka saat beraksi. Laksanakan sesuai prosedur dan laporkan kepada Komando Atas.” pesan Panglima Kogasgabratmin.

Asops Pangkogasgabratmin yang memandu jalannya Pre Sail Brief dan TFG menyampaikan tentang pentingnya purba jaga saat unsur KRI mulai bergerak menuju daerah latihan. Ia juga menekankan kepada Komandan Unsur dan Perwira KRI untuk melaksanakan briefing keselamatan kepada pasukan TNI AD yang tergabung dalam Komando Tugas Darat Gabungan ketika on board KRI. Hal-hal yang dilarang selama berada di KRI khususnya saat lintas laut harus benar-benar dipahami oleh semua personel yang mengikuti pelayaran. Acara Pre sail brief dan TFG diakhiri dengan doa bersama guna memohon pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar seluruh rangkaian kegiatan Latgab TNI tahun 2023 dapat berjalan dengan aman dan lancar, zero accident.

Dre
(Dispen Kolinlamil)

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.