Satgas Yonif PR 330/Tri Dharma Ajarkan Warga Intan Jaya Olah Tanaman Gulma Menjadi Makanan Bercitarasa

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Sentuhan magis Ksatria Tri Dharma yang melaksanakan penugasan di Intan Jaya terus menggelora. Semenjak kedatangannya di Intan Jaya pada akhir bulan Juni 2023, para Ksatria Mandalawangi melalui Slogan KOTEKA-nya (Kostrad Tebarkan Kedamaian) terus menebarkan hal positif bagi warga di Intan Jaya.

Kali ini, para Ksatria Tri Dharma mengajarkan warga Intan Jaya mengolah Eceng Gondok, sejenis tanaman Gulma/Hama yang tumbuh di perairan dangkal menjadi santapan lezat penuh gizi dan bercitarasa, bertempat di Pos Mamba, Sugapa, Kab Intan Jaya, Prov. Papua Tengah, Selasa (18/07/2023).

Lettu Inf Bayu, Danpos Mamba yang biasa dipanggil “POPEYE” karena lengannya yang kekar dan berotot menyampaikan bahwa keberadaan prajurit Tri Dharma harus dapat membawa kebermanfaatan dan kemaslahatan bagi semua warga di Intan Jaya.

Noki Sani, salah seorang warga yang berkesempatan mencicipi olahan TUGONJAMBA (Tumis Cenggo Jagger Mamba) seolah tak percaya dengan lezatnya santapan berbahan baku Eceng Gondok tersebut. “Sa kaget, bapak tentara bisa sulap tanaman air itu jadi makanan enak eee”, ujarnya terkesima

Warga Intan Jaya seolah baru tahu jika Eceng Gondok, tanaman dengan nama latin Eichhornia crassipes ini bisa dikonsumsi. Hal ini dipertegas oleh Mayor Inf Dedy Pungky, Dansatgas saat menyampaikan keterangan resminya.

“Olahan makanan berbahan baku Eceng Gondok kreasi Ksatria Tri Dharma terbukti mampu mencuri hati warga Intan Jaya,” jelasnya seraya tersenyum. “Eceng Gondok yang kaya akan protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor dan beragam vitamin ini, kini bisa jadi bahan makanan alternatif bagi warga Intan Jaya”, pungkasnya.

Drie

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.