SMKN 1 Way Panji Persiapan Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran (TP) 2023-2024

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan – Persiapan mengimplementasi kurikulum merdeka tahun pelajaran (TP) 2023-2024, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Way Panji, Lampung Selatan (Lamsel), menggelar In House Trainning (IHT). Kamis (13/7/2023).

Kegiatan di salah satu ruang sekolah tersebut, diikuti semua guru mata pelajaran dengan mendatangkan pemateri Nina Fatriana, M.Pd.

Kepala SMKN 1 Way Panji Drs. Kalimo, MM mengatakan kurikulum merdeka tercantum pada Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 22/H/KR/2023 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka.

“SMKN 1 Way Panji berada pada level Mandiri Berubah. Sehingga satuan pendidikan menerapkan kurikulum merdeka dalam kegiatan pembelajaran,” ujar Kalimo. 

Kalimo menambahkan, guru nantinya bisa menggunakan banyak gambar, alat bantu visual (Visual) dan memberikan kesempatan untuk akses sumber belajar yang didengar murid secara lisan (Auditori),

Selain itu, guru membuat beberapa sudut belajar atau display yang ditempel di tempat-tempat bebeda untuk memberikan kesempatan murid untuk bergerak saat mengakases informasi (kinestetik) merupakan contoh bentuk dari gaya belajar dalam diferensiasi belajar.

“Harap kami,  para guru dapat mengikuti IHT dengan sungguh-sungguh dan menerapkan ilmu yang didapat kepada peserta didik,” pungkasnya 

Sementara itu, Nina Fatriana mengatakan, pembelajaran berdiferensiasi bukan berarti bahwa guru harus mengajar dengan cara yang berbeda. Melainkan guru paham betul tentang arah minat dan kemampuan, serta kebutuhan siswa.

Mengenai detail teknis Praktik Kerja Lapangan (PKL), serta penyusunan e-KOSP dalam pembelajaran 2023/2024, akan digunakan sebagai perangkat guru untuk mengajar dalam kurikulum merdeka.

Kurikulum merdeka perlu adanya langkah-langkah peninjauan dan revisi kurikulum operasional. Antara lain menganalisis konteks karakteristik satuan pendidikan, meninjau ulang visi, misi, dan tujuan.

Selain itu, meninjau ulang pengorganisasian pembelajaran, menyusun rencana pembelajaran serta merancang pendampingan, evaluasi, dan pengembangan professional.

“Menguasai kompetensi sangat penting untuk dikuasai peserta didik. Selain keterampilan dan karakteristik yang ingin dibangun oleh peserta didik itu sendiri,” pungkas Nina Fatriana.

Penulis : Rudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.