Transit Kupang, Prajurit Marinir Latgabma Talisman Sabre Disambut Danlanudal Kupang

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL – (Dispen Puspenerbal). Sebanyak 31 Prajurit Marinir Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Talisman Sabre tahun 2023, belum bertolak ke Darwin Australia transit sejenak di Kota Kupang yang disambut Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Kupang kemarin petang.

Danlanudal Kupang, Letkol Laut (E) Dian Supiandi, A.Md., M.Tr.Opsla., menempatkan pasukan Latgabma Talisman Sabre tersebut, di Mess dan Gedung Serbaguna Lanudal Kupang sebagai tempat Ron/transit.

Danlanudal Kupang disela-sela penyambutan para prajurit ini menyampaikan, bahwa sudah menjadi tugas dan tanggung jawab pangkalan untuk selalu siap dalam mendukung setiap kegiatan operasi dan latihan TNI.

Ke-31 prajurit Marinir tersebut lanjut Danlanudal Kupang, merupakan bagian dari 118 personel TNl dari tiga Matra yang dilepas Asisten Operasi (Asops) Panglima TN, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad di Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Jumat pagi, untuk mengikuti Latgabma Talisman Sabre 2023.

Dalam amanatnya, Asops Panglima TNI menerangkan bahwa Latgabma Talisman Sabre ini adalah latihan multinasional yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali oleh Australia dengan tujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan prajurit angkatan bersenjata dalam rangka uji kemampuan militer di masa krisis dan tindakan kontijensi di kawasan regional Asia Pasifik.

“Saya perintahkan kepada saudara sekalian prajurit kebanggaan rakyat Indonesia, untuk melaksanakan latihan ini dengan sebaik-baiknya. Tunjukkan disiplin, semangat, kerja sama dan kekompakan serta interoperabilitas prajurit tiga matra TNI yang profesional kepada tuan rumah,” tegas Nur Rahmad.

Nur Rahmad pun berpesan kepada seluruh peserta delegasi untuk mengutamakan zero accident dalam melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan latihan serta menjalin komunikasi dan kerja sama secara profesional.

Pada pelaksanaan Talisman Sabre tahun 2023 ini akan diikuti oleh beberapa negara yaitu Australia, Jepang, Korea Selatan, Inggris, Kanada, Jerman, Perancis, Konga dan Selandia Baru dengan rangkaian latihan mulai Air Lift Operation, Joint Land Combat Operation, Airborne Operation, hingga Amphibious Operation.

Dre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.