Menparekraf Sandiaga Uno Harap Produk Bangkit Kreatif Desa Wisata Topang Terciptanya Jutaan Lapangan kerja baru

Spread the love

Jurnalline.com, TOMOHON, BETIDEWI yang Digelar di kota Tomohon, optimis dapat membangkitkan serta mempromosikan Produk UMKM diprovinsi Sulut khususnya di Kota Tomohon.

Lewat promosi Direktorat Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf RI ini, akan dapat terus mempromosikan desa wisata dan produk UMKM di berbagai wilayah Indonesia, Salah satunya adalah dengan menggelar program Beli Kreatif Desa Wisata.

” Dengan hadirnya program BETIDEWI, merupakan program unggulan dari Direktorat Pemasaran Nusantara yang mengajak para Online Travel Agent (OTA) untuk terus berpartisipasi memasarkan paket-paket Desa Wisata di platform mereka.” Harap Menparekraf Sandiaga Uno

Diketahui Ada 13 desa yang mengikuti program BETIDEWI ini, di antaranya Desa Wisata Wiau Lapi, Kabupaten Minahasa Selatan; Desa Wisata Marinsow, Kabupaten Minahasa Utara; dan Desa Wisata Pulisan, Kabupaten Minahasa Utara.

Selain itu ada pula Desa Wisata Hutan Mangrove Budo, Kabupaten Minahasa Utara; Desa Wisata Para Lele, Kabupaten Sangihe; Desa Wisata Kaskasen II, Kota Tomohon; Kampung Wisata Rurukan I,dan Desa Wisata Tumaluntung, Kabupaten Minahasa Utara. Kemudian, Desa Wisata Tincep, Kabupaten Minahasa; Desa Wisata Timbukar, Kabupaten Minahasa; Desa Wisata Sawangan, Kabupaten Minahasa Utara; Desa Wisata Religi Bobohu Bongo, Kabupaten Gorontalo; dan Desa Wisata Kabupaten Bone Bolango.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, lanjut mengatakan bahwa ia menargetkan bahwa program ini bisa menopang terciptanya jutaan lapangan kerja baru.

“Saya ingin program Desa Wisata yang naik kelas ini akan menopang terciptanya 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024,” ujar Sandiaga

Bahwa produk-produk unggulan yang dihadirkan sudah bagus, tetapi bisa lebih ditingkatkan. Apalagi, Presiden Jokowi melalui Menparekraf ingin agar pariwisata Tomohon kembali bangkit, setelah terpuruk akibat pandemi.

“Produk-produk (yang dipamerkan) tadi adalah produk unggulan, namun masih bisa ditingkatkan dari segi kemasan dan pemasaran. Kemudian dari segi pembiayaan dan secara umum pendampingan,” jelas Sandiaga.

“Presiden Jokowi menugaskan saya untuk membangkitkan pariwisata Tomohon. Saat saya memulai tugas Desember 2020, pariwisata di Tomohon dalam keadaan memprihatinkan, tidak ada kunjungan wisatawan. Namun, hari ini mulai bangkit,” tandasnya

Menambahkan pada program BETIDEWI tersebut dapat Naik Kelas di Sulawesi Utara, dengan menghadirkan berbagai UMKM khas provinsi tersebut, seperti tas anyaman, ukiran, kerajinan tangan, makanan ringan, hingga minuman tradisional juga lainnya.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.