Persiapan Latma SGS, Ratusan Prajurit Amerika Tiba di Lanudal Juanda

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL-Dispen Puspenerbal –
447 Prajurit Amerika Serikat yang terdiri dari berbagai Kesatuan di bawah Komando Indo Pasifik Amerika (USINDOPACOM) dan Pasukan Rotasional Marinir Amerika (RMF-D) yang berbasis di Darwin Australia tiba di Pangkalan Udara TNI AL Juanda, Rabu (30/8/2023).

Dua minggu sebelumnya juga, telah tiba 238 Personel yang terdiri dari 2nd Infantry Brigade Combat Team, 25Th Infantery Division, 225 Brigade Support Battalion, 2-11 Field Artillery yang keseluruhan berada di bawah Komando (USINDOPACOM) yang berlokasi di Hawaii.

Kedatangan ratusan tentara Amerika dengan menggunakan maskapai komersil tersebut, untuk berpartisipasi dalam Latihan Gabungan Bersama Super Garuda Shield (SGS) 2023 yang akan digelar pada akhir Agustus ini kawasan Baluran, Situbondo.

Super Garuda Shield 2023 merupakan Latihan Militer Gabungan Bersama Tahunan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Komando Indo-Pasifik As (INDOPACOM) beserta Negara-Negara peserta lainnya.

Negara tersebut antara lain Australia, Brunei Darussalam, Filipina, Jepang, Selandia Baru, Jerman, Kanada, Korsel, Papua New Guinea, Prancis, Singapura dan Inggris serta beberapa Negara yang hadir sebagai Observer Latihan yang akan digelar di beberapa titik latihan di Wilayah Provinsi Jawa Timur.

Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo, mengungkapkan bahwa Lanudal Juanda sebagai unsur pendukung Penerbangan TNI Angkatan Laut siap memberikan dukungan penuh guna kelancaran dan suksesnya Latgabma Super Garuda Shield 2023.

Dre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.