Prajurit TNI AL Padamkan Api Kebakaran Kapal Nelayan Di Pelabuhan Jongor Tegal

Spread the love

Jalesveva Jayamahe

Jurnalline.com, Jakarta, – Tim Siaga Bencana Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal bersama Polresta Tegal, Damkar Kota Tegal dan masyarakat membantu dalam upaya pemadaman api kebakaran kapal nelayan di Pelabuhan Jongor Tegalsari, Kota Tegal, Senin (14/08).

Menurut informasi dari warga sekitar, kejadian berawal ketika terlihat percikan api menyala dari salah satu kapal yang bersandar di dekat Stasiun Pengisian BBM Nelayan KUD Karya Mina. Kebakaran terjadi Senin, 14 Agustus 2023 pukul 18.30 WIB dan hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti kebakaran kapal yang sedang bersandar tersebut.

Dalam upaya penanggulangan kebakaran kapal nelayan tersebut sejumlah armada pemadam kebakaran dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Brebes dikerahkan ke lokasi kejadian. Sampai dengan hari ini api masih belum padam seluruhnya dan Tim Gabungan terus melakukan upaya pemadaman api. Diperkirakan lebih dari 52 kapal yang terbakar dari 26 pemilik Kapal.

Komandan Lanal Tegal Letkol Mar Moch. Chanan Asfihani, M.Tr.Hanla. turut hadir dan berkoordinasi dengan instansi terkait dalam penanggulangan bencana kebakaran tersebut. “Kebakaran kapal yang terjadi malam ini belum diketahui pasti penyebabnya dan Pangkalan TNI AL Tegal menerjunkan prajuritnya yang sedang terlibat siaga bencana untuk bergabung dengan tim petugas kebakaran dan instansi terkait dalam penanggulangan kebakaran. Apabila nanti di butuhkan lagi akan kami kirim personil lagi sesuai kebutuhan”, jelasnya Danlanal Tegal.

Selain itu, dampak dari kebakaran kapal nelayan ini yaitu polusi asap di wilayah sekitar pelabuhan. Melihat kejadian tersebut, prajurit Lanal Tegal dengan suka rela membagikan sebanyak 2000 masker kepada masyarakat sekitar yang melintas di kawasan TPI Jongor tersebut. Hal ini diharapkan dapat mengurangi terjadinya gangguan pernafasan dan melindungi dari polusi udara yang disebabkan asap kebakaran kapal.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam merespon cepat informasi yang diterima dari masyarakat, dalam hal ini aksi penanggulangan kebakaran kapal yang terjadi di Pelabuhan Jongor Tegalsari, Kota Tegal dan memberikan bantuan masker kepada warga sekitar yang terdampak polusi asap kebakaran.

Dre

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.