Satgas Yonif PR 433 Kostrad Ajak Masyarakat Distrik Dal Rayakan Kemerdekaan RI dengan Bakar Batu

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Untuk menanamkan rasa cinta tanah air dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI, Satgas Yonif PR 433 Kostrad mengajak seluruh masyarakat Distrik Dal, Kab. Nduga, mengadakan acara syukuran secara khas adat Papua Pegunungan yaitu “BAKAR BATU”. Rabu (24/8/2023).

Acara “Bakar Batu” diselenggarakan tepat di samping Pos Dal Satgas Yonif PR 433/JS yang merupakan acara khas masyarakat dari daerah Papua Pegunungan. Berupa, acara adat makan bersama dengan memasak makanan dengan cara tradisional dan unik dengan batu panas.

Danpos Dal, Lettu Inf Bara Warna Putra menyampaikan jika sebelumnya, acara Bakar Batu hanya diadakan untuk kegiatan adat masyarakat ataupun menyambut Perayaan Natal, namun kali ini Prajurit Satgas Yonif PR 433 Kostrad mengajak masyarakat untuk pertama kali mengadakan acara Bakar Batu untuk memperingati HUT ke 78 RI Tahun pada Bulan Agustus ini sebagai cara menanam rasa Cinta Tanah Air.

Pengakuan dari salah satu tokoh adat bernama Bapak Otel Tabuni ” Bahwa acara perayaan HUT RI tersebut pertama kalinya diselenggarakan khususnya di Distrik Dal, sehingga Hal tersebut menimbulkan antusias yang tinggi dari masyarakat sehingga lapangan tempat diselenggarakannya acara dipenuhi masyarakat yang berasal dari 5 Kampung (Dal, Glumben, Gerimbun, Labrik dan Silan) hadir berbondong – bondong untuk mengikuti acara adat baru di Distrik Dal,” ujarnya.

Tawa riang gembira serta senda gurau terus meramaikan acara hingga tiba saatnya dipenghujung acara diakhiri dengan berbaurnya Prajurit TNI dan masyarakat untuk menyantap makanan secara bersama – sama. Seluruh masyarakat berterima kasih kepada Prajurit Satgas Yonif PR 433 Kostrad karena telah mengadakan acara tersebut. Acara seperti ini akan terus dilaksanakan kedepannya untuk menjaga hubungan baik yang sudah ada antara masyarakat dan prajurit TNI serta Rasa Cinta Tanah Air.

Dre

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.