Uji Ketahanan Fisik, Pasis Dikmatra-2 dan Dikaplikasi-2 Kodiklatal Laksanakan Samapta

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Kodiklatal. Surabaya – Uji ketahanan fisik setelah hampir satu bulan menjalani pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) , sebanyak 62 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Matra -2 dan Pendidikan Aplikasi-2 Pusdiklapa mengikuti Tes Kesegaran Jasmani atau Samapta yang dilaksanakan di Lapangan Dewaruci Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Kamis (10/8/2023).

Sebelum melaksanakan samapta, Para Pasis lebih dulu melaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Satuan Kesehatan (Satkes) Kodiklatal berupa tensi darah dan pemeriksaan denyut jantung. Kegiatan selanjutnya seluruh pasis melaksanakan pemanasan yang dipimpin oleh Tim Pembinaan Jasmani Rekreasi (Binjasrek) Kodiklatal.

Tes ini dilaksanakan guna mengetahui sejauh mana kemampuan dan kebugaran fisik para Pasis setelah menempuh pendidikan lanjutan di kawah Candradimuka Kodiklatal, baik secara fisik dan ilmu pengetahuan.

Adapun materi Tes Kesamaptaan Jasmani yang dilaksanakan meliputi Baterei A berupa lari selama 12 menit dan Baterei B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up masing-masing selama 1 menit dan Shuttle Run (lari angka delapan). Selesai pelaksanaan seluruh kegiatan samapta di akhiri dengan renang dengan jarak tempuh 50 meter tiap Pasis.

Dre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.