Warga Sakatiga Seberang Eforia “Melebong” Tangkap Ikan Sungai

Spread the love

Jurnalline.com,Ogan Ilir (Sumsel) – Warga Desa Sakatiga Seberang,Kecamatan Indralaya Ogan Ilir bersama Kepala Desa Edy Firmansyah laksanakan tradisi lokal yaitu “Melebong” menangkap ikan,Selasa (1/8)

Melebong merupakan salah satu bahasa daerah di Ogan Ilir yang artinya menangkap ikan dengan menggunakan jaring,jalah,serkap, tangkul dsb di persawahan atau teluk.

Kebiasaan Melobong di Ogan Ilir ini setelah kondisi air sungai mulai surut dan kering.Bermacan-nacan jenis ikan yang ada,seperti ikan Sepat,ikan Gabus,ikan Lele,ikan Betok,ikan Nila,ikan Toman dan jenis ikan lainnya.

Kondisi air di Kabupaten Ogan Ilir yakni pasang surut,6 bulan masa air pasang dan 6 bulan masa air surut atau kering.memanfaatkan masa air surut inilah bagi masyarakat pencariannya nelayan mencari dan mengkap ikan.

Ajang Melelbong ini juga sudah menjadi tradisi tahunan bagi masyarakat di daerah dalam wilayah Sumatera-Selatan.

Sumber Daya Alam ini terus di lestarikan masyarakat dan menjadi salah satu budaya lokal Ogan Ilir.

Terlihat di atas,masyarakat Desa Sakatiga Seberang Kecamatan Indralaya di komandoi Kepala Desa Edy Firmansyah bersama warganya eforia menangkap berbagai jenis ikan sungai dengan menggunakan Jalah,Serkap dan Tangkul, bahkan terlihat kaum hawa pun turut andil dalam tradisi lokal ini.

Tradisi lokal ini juga perlu di angkat sebagai budaya dan kebiasan masyarakat lokal Sumatera Selatan.

Kepala Desa Sakatiga Seberang Edy Firmansyah mengatakan alhamdulillah tahun ini bersama warga kita dapat bersama-sama tangkap ikan di Lebong.

Lokasi yang di garap ini, merupakan objek lelang Lebak lebung.dan ojbek ini pada tahun 2023 ini pihak Desa yg mengelolah bersama semua warga yang notabennya sebagai nelayan atau yang mata pencaharianya mencari ikan.

Adapun jenis ikan yang ada seperti ikan Gabus,ikan Lele,ikan Sepat,ikan betok,bahkan ada ikan Nila,Toman dan Udang.

Di tambahkan Firman,Melebong ini sebelumnya setiap tahun di lakukan warga,dirinya berharap ini menjadi tradisi tahunan bagi Desa, karena di dalam setahun hanya sekali,saat air surut saja.

Kepada Pemerintah Daerah dirinya juga berharap,oleh karena Lebong ini merupakan termasuk Objek Lelang yang setiap tahunnya dilelang Pemerintah,kiranya Objek lelang ini menjadi lelang tetap pemenangnya oleh Kelompok Perikanan Desa Sakatiga Seberang.

Dengan demikian tambahnya,warga bisa menikmati ikan-ikan yang ada di Lebong yang objeknya terletak di Desa kami,”singkatnya.

Kontributor OI :

Sy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.