HUT KE-75 KORPS SUPLAI, JAJARAN KOLINLAMIL SIAP WUJUDKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERMORAL

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Sekelompok pasukan dibentuk tidak hanya untuk berperang dalam medan tempur secara fisik saja karena disamping itu ada permasalahan lain yang juga harus didukung untuk diselesaikan dengan orang-orang berkompeten di bidangnya. Seperti halnya Korps Suplai, salah satu kecabangan TNI-AL yang dalam penugasannya harus memahami pada bidang prosedur administrasi, keuangan, perbekalan atau logistik, kesekretariatan dan memiliki pemahaman mendalam mengenai disiplin ilmu Ekonomi.

Berkaitan dengan hal tersebut, tepat pada tanggal 1 September 2023 Korps Suplai sudah memasuki usianya ke-75 tahun. Dalam rangka memperingati hari jadinya, prajurit Komando Lintas Laut Militer Korps Suplai menggelar acara tasyakuran yang dilaksanakan di gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (1/9).

Acara tasyakuran yang diselenggarakan secara sederhana tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Keuangan Wilayah Kolinlamil Kolonel Laut (S) Dede Suhendrawan. Adapun tema pada HUT ke-75 Korps Suplai tahun 2023 ini adalah “Melalui Peringatan Hari Jadi ke-75 Korps Suplai TNI Angkatan Laut, Kita Tingkatkan Soliditas Guna Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Bermoral, Jujur dan Profesional”.

Dalam kesempatan tersebut dibacakan amanat Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut (Kadiskual) Laksma TNI Imam Subarkah selaku pembina Korps Suplai oleh Kakuwil Kolinlamil yang menyampaikan bahwa hal terpenting dari peringatan hari jadi Korps Suplai tahun 2023 ini adalah bagaimana merefleksikan diri sebagai upaya untuk mundur sejenak ke masa lalu sebagai upaya mencari titik awal sebuah tonggak sejarah dan fondasi yang bermakna untuk dijadikan sebagai titik tolak menuju masa depan dalam menghadapi tantangan tugas yang dinamis.

Setiap etape perjalanan Korps Suplai harus selalu memiliki makna dan mampu memberikan jawaban atas persoalan yang ada serta responsif terhadap tantangan tugas di masa yang akan datang dengan berlandaskan aturan perundang-undangan yang berlaku. Diskual selaku pembina Korps Suplai di lingkungan TNI Angkatan Laut bertugas melaksanakan penyiapan sumber daya manusia yang memiliki karakter kepribadian bermoral seperti yang disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr Opsla dalam perintah hariannya yang membangun sumber daya manusia yang unggul serta selalu meningkatkan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis.

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. disela-sela waktunya mengatakan agar di hari jadinya Korps Suplai selalu memelihara dan mengaktualisasikan etika dan moral dengan memegang teguh nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut serta patuhi segala peraturan perundang-undangan yang ada. Menjaga jaga nama baik dan bangun eksistensi Korps Suplai secara nyata dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Laut juga menjadi hal yang diprioritaskan.

“Tingkatkan dan kembangkan terus kemampuan diri terkait kebijakan Pemerintah guna meningkatkan profesionalisme dan kompetensi serta senantiasa amati, cermati dan tingkatkan kepekaan terhadap dinamika perkembangan yang terjadi di lingkungan sekitar hingga lingkup nasional dan tataran global. Diharapkan eksistensi prajurit TNI AL Korps Suplai mampu memberikan solusi terhadap tantangan tugas kedepan sesuai perubahan lingkungan strategis dan aturan terkini, dengan tetap berlandaskan pada pokok-pokok kebijakan Pimpinan.” ujar Panglima Kolinlamil.

Dre

(Dispen Kolinlamil)

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.