Lanudal Tanjungpinang Sosialisasi Kesehatan Deteksi Dini Kanker

Spread the love

Jurnalline.com, TNl AL-Puspenerbal –
Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Tanjungpinang menggelar sosialisasi kesehatan tentang Deteksi Dini Kanker Prostat, Kanker Servis dan Kanker Payudara, bagi seluruh personel Lanudal Tanjungpinang dan anggita Jalasenastri di Gedung Olahraga Dacota, Lanudal Tanjungpinang, Kamis (7/9/2023).

Komandan Lanudal Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Triwibowo mengatakan, ceramah kesehatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap seluruh personel Lanudal Tanjungpinang beserta keluarganya agar sehat dan bugar.

Untuk Itu, Danlanudal menekankan seluruh personel jajarannya untuk dapat menjaga pola hidup dan pola makan sehat dalam rangka mencegah terjadinya penyakit kanker bagi keluarga besar Lanudal Tanjungpinang.

Kegiatan tersebut lanjutnya, merupakan salah satu kegiatan di bidang sosial yang difasilitasi Balai Pengobatan Lanudal Tanjungpinang bekerjasama dengan Yayasan Peduli Kanker Indonesia yang mengambil tema, “Mengenal dan Mencegah Kanker Sedini Mungkin”.

Menurut Danlanudal, sebagaimana diketahui bahwa penyakit kanker merupakan penyakit yang sebetulnya dapat dideteksi sedini mungkin namun seringkali diabaikan oleh masyarakat, sehingga penangannya terlambat dan tidak dapat maksimal.

Selain itu, akibat kurangnya informasi yang diterima, ada stigma disebagian masyarakat bahwa penyakit kanker terkesan memvonis seseorang tentang batas hidup seseorang, yang membuat masyarakat semakin takut untuk berobat ke rumah sakit.

Sementara itu, narasumber dari Yayasan Peduli Kanker Indonesia, Romi Ronaldo, dalam ceramahnya mengatakan bahwa proses terjadinya sel kanker dalam tubuh manusia memerlukan waktu yang cukup lama, dengan kisaraan 15 – 25 tahun dan melalui beberapa fase (Inisiasi, promosi, progres) yang biasanya ditandai dengan munculnya suatu benjolan, diantaranya berupa kelenjar getah bening, kista, dan tumor.

Turut hadir pada acara tersebut Palaksa, Letkol Laut (E) Budi Kurniawan, Perwira Lanudal Tanjungpinang, Ketua Cabang 5 Gabungan Jalasenastri Puspenerbal, Ny. Luluk Triwibowo beserta anggota Jalasenastri.

Dre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.