Pemkab Ogan Ilir Melaksanakan Shalat Istisqo Sebagai Ikhtiar Di Berkahi Hujan

Spread the love

Jurnalline.com,Ogan Ilir (Sumsel) Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir menggelar Sholat Istisqa, sebagai ikhtiar meminta hujan kepada Allah SWT.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman upacara Kompleks Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Pemkab Ogan Ilir ini, Selasa (19/9).

Bupati Panca mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar untuk meminta hujan, mengingat sudah hampir beberapa bulan Bumi Caram Seguguk julukan Kabupaten Ogan Ilir tidak turun hujan

Kita sudah tahu kenapa kita gelar sholat ini, bentuk ikhtiar kita memohon kepada Allah terkait apa yang kita rasakan sekarang, kekeringan, kesulitan air bersih.

Ini mengakibatkan titik hotspot yang menyebabkan polusi udara, bukan hanya di Ogan Ilir, tetapi sampai ke Kota Palembang,” tutur Bupati.

Dengan giat ini juga, Bupati berharap cuaca secepatnya berubah agar semua yang kita rasakan sekarang pulih sedia kala.

“Tapi seyogyanya, apa yang diberikan Allah adalah sebuah keberkahan, bukan bencana, ini bisa jadi evaluasi kita apa yang kita kerjakan.

Mungkin tidak dapat ridha Allah, tak hanya pemerintah, melainkan masyarakat juga,” paparnya.

Untuk itu hal ini katanya, bisa menjadi pengingat bahwa agar lebih baik dari hari ke hari.

“Selain hari ini kita berikhtiar, kita berusaha sesuai tugas kita masing-masing untuk meredam dan membantu sesama,” terangnya.

Panca juga meminta pihak-pihak terkait untuk membantu sosialisasikan dan koordinasikan seluruh stakeholder, kepada masyarakat Ogan Ilir terkait Karhutla ini.

“Seluruh petugas dilapangan, kita doakan semoga apa yang petugas perbuat untuj kita, bisa dibalas Allah SWT.

Sampai harinya nanti, tetap keadaan sehat walafiat dan jauh dari yang tak kita inginkan,” harapnya.

Shalat Istisqo di mulai Pukul 8.00 WIB,bertindak selalu Imam KH.Karim Umar dari Ponpes Raudahatul Ulum Sakatiga,sementara Khatib Ust.DR.Fahmi Umar dari Ponpes Al Ittifaqiah Indralaya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Albatani, digelarnya Sholat Istisqo ini dalam rangka mengharap ridho dari Allah SWT, supaya dapat mnirunkan hujan di Wilayah Ogan Ilir khususnya dan Sumatera Selatan umumnya.

Karena, sebagaimana diketahui, saat ini Wilayah Kabupaten Ogan Ilir tengah memasuki musim kemarau. Akibatnya, lahan menjadi kering lantaran sumber air di sebagian besar Wil) llllayah Ogan Ilir sudah tidak ada.

“Karena kering ini membuat lahan banyak yang terbakar. Akibat kebakaran lahan tersebut, kita juga diserang asap,” lanjutnya.

Albatani juga berharap, semoga Allah SWT menurunkan hujannya dan masyarakat Ogan Ilir terhindar dari marabahaya apapun. (Sy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.