Polusi Udara, Kapolres dan Wali Kota Pantau Giat Uji Emisi Gratis di Stadion Benteng Reborn Kota Tangerang

Spread the love

Jurnalline.com, KOTA TANGERANG, – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bersama-sama dengan Polres Metro Tangerang Kota menggelar uji emisi bagi kendaraan mobil dan motor secara gratis di Stadion Benteng Reborn. Hal ini dimaksudkan untuk menekan polusi udara di Kota Tangerang yang sedang meningkat (1/09/24).

Kali ini, uji emisi digalakkan dibeberapa lokasi baik stationer dan mobile juga mendukung persiapan penerapan sanksi tilang bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi, rencananya akan diberlakukan di Kota Tangerang pekan depan.

Kendati demikian, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho yang turut memantau jalannya uji emisi bersama Walikota Arief R Wismansyah mengatakan, penerapan sanksi emisi di Kota Tangerang masih menunggu instruksi dari Polda Metro Jaya dan hasil koordinasi.

“Mengenai mekanisme penerapan dan sanksinya kita masih menunggu dari Polda Metro Jaya dan hasil koordinasi,” katanya.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, kegiatan uji emisi dilakukan guna mensosialisasikan kepada pemilik kendaraan agar mematuhi standar baku emisi yang sudah ditetapkan pemerintah.

Terlebih, wilayah Kota Tangerang saat ini sedang dilanda polusi udara.

“Kita imbau masyarakat, karena minggu depan lakukan penindakan pelanggaran emisi agar masyarakat segera melakukan uji emisi secara gratis hingga 3 September 2023,” ujarnya.

Arief mengatakan, kemungkinan tilang uji emisi akan mulai diberlakukan pada pekan depan. Namun seperti disampaikan Kapolres pada pelaksanaannya masih menunggu instruksi dan masih hasil koordinasi.

Untuk itu Wali Kota bersama dengan Kapolres Metro Tangerang Kota mengimbau masyarakat juga dapat mendatangi bengkel-bengkel yang memiliki alat khusus untuk melakukan uji emisi.

Kegiatan uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat (mobil) dan roda dua (motor) berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB khusus hari Jumat, untuk hari biasa hingga pukul 12.00 wib. Hari ini terdapat 40 kendaraan mengikuti uji emisi, 38 kendaraan dinyatakan lulus uji emisi, 2 yang tidak lulus uji emisi diminta untuk melakukan pengecekan serta service kendaraannya sebelum digunakan kembali.

Dre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.