Sekda Lynda Tegaskan Perangkat desa Ujung Tombak Pemerintahan Miliki Peran Strategis

Spread the love

Jurnalline.com, MINAHASA — Pemerintah Kabupaten Minahasa lewat, Sekretaris Daerah Minahasa Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si menghadiri kegiatan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa di dua tempat berbeda, yakni di Kecamatan Tombariri Timur dan Kecamatan Tombari, Rabu (27/09/2023).

Untuk Kecamatan Tombariri Timur digelar di Desa Ranotongkor Timur dan untuk Kecamatan Tombariri bertempat di BPU Desa Mokupa.

Pada kegiatan itu, Sekda menegaskan bahwa perangkat desa adalah ujung tombak pemerintahan. Itu karena perangkat desa memiliki peran yang sangat strategis dalam melaksanakan amanat pemerintah.

”Kegiatan peningkatan kapasitas perangkat desa ini sangat penting, karena menambah wawasan aparatur desa dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan di desa, sehingga dapat saling bersinergi dengan perangkat desa yang lain, dan menjalankan tugas tanggungjawab sesuai aturan yang ada,” ujar Sekda.

Perangkat desa, kata Sekda, harus menguasai dan memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. Hal itu penting agar bisa terwujud manajemen birokrasi pemerintah desa yang ideal.

“Pada prinsipnya lakukan tugas kerja dengan baik sesuai dengan peraturan yang ada, sehingga dapat menciptakan desa yang maju serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang ada,” katanya lagi.

Sekda Lynda berharap, kegiatan peningkatan kapasitas perangkat desa ini dapat meningkatkan kualitas para aparatur desa serta mempertajam pemahaman terkait tugas-tugas kerja pemerintahan desa.

“Ini penting agar supaya apa yang menjadi harapan masyarakat dapat terpenuhi,” tandas watania

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdakab Minahasa, Dra Jenie Sangari, MAP, para Hukum Tua dan Perangkat desa di Kecamatan Tombariri dan Tombariri Timur, dan pemerintah kecamatan setempat.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.