Komandan Lantamal VI dan Ketua Korcab VI DJA II Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-78 TNI Tahun 2023 di Makassar

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL, Lantamal VI – Komandan Lantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Ivan Gatot Prijanto, S.E., M.Tr Opsla. di dampingi Ketua Korcab VI Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ibu Silvia Ivan Gatot hadiri upacara peringatan HUT Ke-78 TNI Tahun 2023 yang berlangsung di lapangan Karebosi Kota Makassar, Kamis (05/10/2023).

Sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara Peringatan HUT ke-78 TNI di Makassar adalah Pangdam XIV/ Hasanuddin oleh Mayor Jenderal TNI Dr. H. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr.(Han) .

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam amanatnya yang dibacakan Irup mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

“ Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah: yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya” ujar Pangdam XIV Hasanuddin.

Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk, ujar Pangdam XIV Hasanuddin membacakan amanat Panglima TNI.

Upacara parade juga dirangkaikan dengan penganugerahan tanda kehormatan RI Satya Lencana Kesetian 8 tahun, 16 tahun, dan 24 tahun, demontrasi penangulangan huru hara, drama, tari kolosal , defile pasukan serta syukuran.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Gubernur Sulsel Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si. didampingi Para Pejabat Forkopimda Sulsel, mantan Menteri Pertanian RI periode 2014-2019 Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman MP, Pejabat Utama TNI Polri Makassar, Pengurus Dharma Pertiwi Daerah “G” serta sejumlah undangan. #tnial_lantamalvi

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.