Pangkostrad Hadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNl

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad Ibu Uli Simanjuntak menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNl yang digelar di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNl ini dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang didamoingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup) Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad, Mayjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M.

Upacara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Komandan Upacara naik ke tank Korps Marinir untuk memeriksa pasukan upacara.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pengucapan Sapta Marga oleh Kolonel Inf Sigid Hengki Purwanto, Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan, Kolonel Pas Dili Setianto.

Presiden Jokowi juga berkesempatan memberikan tanda kehormatan yang diberikan kepada
perwakilan penerima tanda kehormatan yakni Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko, (Pangdam
XIlI/Merdeka), Mayjen TNI (Mar) Markos, (Assisten Potensi Maritim Kasal) dan Marsda TNI AndiKustoro, (Panglima Komando II).

Upacara Parade dan Defile HUT ke-78 TNI Tahun 2023 mengerahkan 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista. Kekuatan Pasukan Upacara Parade nantinya terdiri dari Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk dan Satsik.

Sedangkan kekuatan untuk Defile Pasukan dan Alutsista terdiri dari 1 Yon Drumband gabungan Taruna Akademi TNI, Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI, 1 Brigade TNI AD 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk, 1 Kompi Pasukan Tactical dan pok Pers Veteran (naik kendaraan).

Dalam rangkaian kegiatan ini juga menampilkan atraksi udara yang diawali dengan aksi terjun payung dari 78 prajurit TNI dan anggota Polri, kemudian manuver Demo udara pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU yang menerbangkan pesawat latih KT-1B Wongbee, bersama Tim Dynanic Pegasus TNI AU, yang menerbangkan helikopter Colibri.

Selain itu, dimeriahkan dengan “defile” pasukan dan parade puluhan kendaraan tempur dan alat sistem persenjataan utama (Alutsista) yang berparade dari Monas menuju Bundaran Hl.

Hadir dalam kegiatan ini Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kasad Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan juga Pejabat tinggi lainnya.

Fram

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.