Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Lantamal XI Melaksanakan Uji Terampil Glagaspur P-1 dan P-2 Tahun 2023.

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Lantamal XI – Dalam rangka mengukur kemampuan Prajurit, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XI melaksanakan uji terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) P1 dan P2 tahun 2023 yang diikuti oleh Personil Lantamal XI dan Yonmarhanlan XI di Markas Komando (Mako) Lantamal XI Merauke, Jln Noari Merauke dan di Yonmarhanlan XI Jln Rimba Raya Merauke, Kamis (26/10).

Uji terampil Glagaspur P-1 dan P-2 Tahun 2023 ini dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 26 dan 27 Oktober 2023, oleh Tim Uji dari Komando Latihan (Kolat) Koarmada III yang diketuai Dansatkor Koarmada III Kolonel Laut (P) Bagus Badari Amarullah, S.E., M.M.

Adapun materi latihan yang diujikan hari pertama adalah : drill pengendalian huruhara, drill Hanlan (serangan bahaya udara), drill Peran Kebakaran/PEK, driil Evakuasi Medis, Uji Tulis sesuai Korps, kejuruan dan kedinasan, Pengecekan Sofware dan Hardware, drill valreef dan jajar kehormatan, drill penaikan bendera, drill persemayaman dan Pemakaman Jenazah, drill Bongkar Pasang Senjata, drill Kebaharian (pluit dan tali temali), drill Semapore, drill Penempatan Penjagaan, drill PBB dan di hari kedua drill Menembak dan Renang Militer.

Danlantamal XI Merauke Laksamana Pertama TNI Kunto Tjahjono, S.E., CRMP., M.Tr.Opsla. dalam sambutannya yang dibacakan Wadan Lantamal XI mengatakan, Penyelenggaraan uji terampil Glagaspur Pangkalan tingkat P1 dan P2 ini merupakan salah satu fungsi komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan tingkat kesiapan Prajurit Lantamal XI, baik perorangan maupun kelompok dalam menggunakan peralatan dan persenjataan masing – masing bagian maupun beregu guna mengukur tingkat kesiapsiagaan profesi serta kesiapan operasional satuan khususnya pangkalan TNI AL.

Sementara itu Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, M.Tr.(Han) dalam sambutannya yang dibacakan ketua Tim Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2, Kolonel Laut (P) Bagus Badari Amarullah, S.E., M.M. mengatakan, tujuan yang akan dicapai dari uji terampil Glagaspur ini adalah untuk melatih keterpaduan Komando, Kendali dan Komunikasi antar personil dan kerjasama taktis di lapangan serta untuk meningkatkan keterampilan perorangan maupun kelompok dalam satu satuan tugas sehingga diharapkan tercapai kemampuan personil yang dipersyaratkan dalam mengawaki Pangkalan serta dapat mendukung tugas – tugas operasi.

Fram

(Dispen Lantamal XI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.