Taruna AAL Raih Prestasi Terbaik Tingkat International Naval Semester 2023 – Mengukir Keunggulan di Bidang Naval Cyber Threat

Spread the love

Jurnalline.com, AAL, Italia – Kegiatan International Naval Semester 2023 yang dilaksanakan di Italian Naval Academy pada bulan Oktober hingga November 2023 diikuti kurang lebih 25 negara. Perwakilan TNI AL mengirimkan dengan topik Naval Cyber Threat. Delegasi TNI AL dipimpin oleh Direktur Pendidikan Akademi TNI Angkatan Laut (Dirdik AAL) Kolonel Laut (P) Salim S.E., M.Tr.Opsla., dan dua orang taruna a.n Sermatutar (P) Juhdan Umar No.AK. 2020.427 dan Sermatutar (P) Muhammad Adhy Makayasa No.AK. 2020.428.

Kedua taruna AAL tersebut mampu meraih nilai tertinggi dalam ujian tertulis diantara negara-negara yang ikut diantaranya Italia, Belgia, Ukraina, Bulgaria, Rumania, Latvia, Pakistan, Polandia dan Tunisia dengan materi ujian Naval Cyber Threat.

Adapun tujuan dari kursus ini adalah para peserta mampu mengidentifikasi ancaman siber dan resiko keamanan siber serta siswa mampu mempertahankan kerentanan sistem dari serangan siber dan mampu memahami prinsip dasar strategi keamanan siber dalam domain maritim.

Keberhasilan yang diraih dari kedua taruna AAL tersebut diharapkan mereka dapat mengaplikasikan skill di kedinasan nanti apabila telah lulus dari kampus AAL diantaranya mampu mengenali ancaman dalam menjaga kerahasiaan integrasi dan ketersediaan dalam sistem IT/OT, mengidentifikasi resiko dalam jaringan IT/OT dan mengaplikasinya dalam sehari-hari, mengidentifikasi ancaman siber dan mengidentifikasi tugas dan saran untuk meningkatkan keamanan siber pribadi dan organisasi khususnya TNI AL.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi visi dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali S.E. M.M., dalam hal ini untuk menjadikan Akademi TNI Angkatan Laut yang hebat dan profesional serta menuju International World Class Naval Academy.

Drie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.