Wujudkan Konsep NCW TNI AL, Puskodal Kolinlamil Gelar Latihan Fungsional

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Pusat Komando dan Kendali (Puskodal) Komando Lintas Laut Militer mengadakan Latihan Fungsional Puskodal Triwulan IV tahun 2023 dengan materi konsep Network Centric Warfare (NCW) TNI AL. Latihan fungsional Puskodal yang berlangsung di ruang rapat Diskomlek Kolinlamil Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara dibuka oleh Pjs Kapuskodal Kolinlamil Mayor Laut (P) Buas Sudibyo, Rabu (29/11). Salah satu sasaran yang hendak dicapai dalam latihan fungsional Puskodal adalah terwujudnya koordinasi, komunikasi serta kerja sama antar prajurit Kolinlamil dalam suatu operasi sehingga data-data yang ditampilkan dapat menjadi referensi bagi Pemimpin dalam mengambil suatu keputusan lebih lanjut.

Menyampaikan arahannya saat membuka latihan, Pjs Kapuskodal Kolinlamil mengungkapkan konsep NCW TNI AL sebagai sebuah konsep operasi yang dibentuk untuk meningkatkan daya tempur dengan menghubungkan berbagai sensor, pengambilan keputusan, sistem penembakan dan pembagian situasi pertempuran dengan mengedepankan keunggulan komunikasi informasi pada kekuatan tempur dengan tetap menjunjung efektifitas dan efisiensi sistem pertempuran. Tugas dan fungsi NCW TNI AL adalah sebagai penyelenggara yang berada di tingkat TNI AL harus mampu memberikan informasi operasi serta latihan dalam bentuk kompilasi data lingkungan operasi unsur SSAT secara cepat, akurat dan terkini dalam rangka pengambilan keputusan oleh Pemimpin TNI AL dalam rangka pencapaian hasil operasi secara optimal.

Lebih lanjut Mayor Buas menyampaikan bahwa pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini menuntut prajurit Kolinlamil untuk mampu beradaptasi secara cepat dengan cara mempelajari dan menguasai teknologi yang dapat digunakan untuk mendukung kedinasan. Kegiatan operasi dan latihan pada dasarnya bertujuan untuk menguji kesiapan prajurit dan alutsista TNI AL, dalam hal ini personel dan materiil harus siap di-deploy ke medan penugasan setiap saat dan target yang hendak dicapai harus dapat diraih.

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksma TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC (J)., M.A., M.M.S., CHRMP melalui Pjs Kapuskodal menyampaikan pesannya kepada seluruh personel yang terlibat latihan baik peserta maupun penyelenggara melaksanakan kegiatan latihan dengan penuh semangat dan bersungguh-sungguh sehingga tujuan dari Latihan Fungsional Puskodal dapat tercapai. Latihan adalah bagian dari pembinaan dan kesejahteraan prajurit, dengan meningkatnya kompetensi prajurit maka profesionalisme yang diharapkan dapat terwujud. Kesemuanya itu akan memberikan dampak positif pada peningkatan kinerja organisasi.

Fram

(Dispen Kolinlamil)

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.