Pemdes Simbel Suport Kegiatan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa

Spread the love

Jurnalline.com, MINAHASA —
Hukum tua desa Simbel kecamatan Kakas Barat, Kab.Minahasa Bobbi Tangkulung, mengajak kepada seluruh jajaran perangkat desa Simbel untuk terus melatih diri mencapai kompetensi diera Digitalisasi.

“Dirinya mendorong agar Perangkat Desa Tingkatkan Kapasitas Kompetensi Era Digital.” Kumtua Bobbi Tangkulung
Menurut Kumtua Bobbi Tangkulung, melalui kegiatan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa di Kecamatan Kakas Barat dengan narasumber oleh Sekda Dr Lynda Watania lalu.

Dengan menambah pengetahuan dalam peningkatan kapasitas.
“Tiga point penting yang disampaikan Sekda Minahasa Dr Lynda Watania dalam paparannya kiranya menjadi dapat menjadi motivasi dalam melaksanakan tugas pokok sebagai perangkat didesa Simbel kecamatan Kakas Barat.” Ujar Kumtua Bobbi

Adapun tiga point yang dipaparkan Sekda Minahasa Dr Lynda Watania, M.Si : Pertama, kompetensi intelektual,
kompetensi keterampilan, dan
kompetensi kecerdasan emosional.
“Adanya Kompetensi SDM menjadi satu tuntutan wajib bagi aparatur pemerintah, termasuk perangkat desa. Artinya, untuk mewujudkan pemerintahan desa yang maksimal, seorang perangkat desa harus memiliki kompetensi yang dapat diandalkan,” ujarnya.

Sangat penting, karena hanya dengan intelektual itu akan menentukan kemajuan suatu desa. Artinya, desa yang memiliki aparatur intelektual tentu akan cepat berkembang dan maju dibanding desa lainnya.

“Selanjutnya kompetensi keterampilan. Menurut Sekda Lynda dalam paparannya mengungkapkan pemerintah desa dituntut untuk cepat dalam pelayanan publik. Hal ini membutuhkan keterampilan para aparatur desa. Artinya, pelayanan publik sekarang masyarakat menuntut aparatur desa yang terampil, cepat dalam pelayanan dan tidak ada pungli,” beber Watania.

Selanjutnya yaitu kompetensi kecerdasan emosional. Mengutip narasi dari seorang pakar menyebut, sukses seseorang itu ditentukan oleh 85 persen kecerdasan emosional.

“Nah, hanya dengan kecerdasan emosional ini dalam tugas tanggung jawab kita dalam pemerintahan salah satunya dapat diterapkan dengan sikap loyal terhadap atasan. Ini penting, karena loyalitas juga akan menjadi penentu dalam pembangunan daerah, termasuk di desa,” tambahnya

Sekda Lynda berharap peserta yang mengikuti kegiatan bisa mendapatkan manfaat dalam kegiatan peningkatan kapasitas perangkat desa sehingga memiliki kapasitas dan kompetensi dalam tugas.

“Intinya perangkat desa sangat penting untuk meningkatkan kinerja dan tugasnya serta memiliki kewibawaan ditengah-tengah masyarakat,”
Menambahkan hanya dengan kompetensi tersebut, siap menghadapi berbagai konflik didesa dan berbagai tantangan kedepan.
Turut hadir mendampingi Sekda Lynda Watania pada kegiatan, Kabag Tapem Setdakab Minahasa, Dra. Jenie Sangari MAP dan Camat Kakas Barat, Jeane Sumendap, SP. hukum tua desa Simbel Bobbi Tangkulung, jajaran kecamatan, dan jajaran perangkat desa kecamatan kakas barat yang hadir. (EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.