Danrem 131/stg Brigjen TNI Wakhyono Pimpin Upacara Penutupan Dikmata TNI AD Gelombang II Ta 2023

Spread the love

Jurnalline.com, MANADO — Bertempat di lapangan Hitam Secata Rindam XIII/Merdeka Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono didampingi Ketua Persit KCK Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka Ny Ning Untari Wakhyono menghadiri upacara penyumpahan dan penutupan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang II Tahun Anggaran 2023.

Bertindak sebagai sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, dengan Komandan Upacara (Danup) Komandan Secata (Dansecata) Rindam XIII/Merdeka Letkol Inf Madiyan Surya pada upacara tersebut sekaligus melantik sebanyak 40 prajurit Tamtama TNI AD.

Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono mengucapkan selamat dan sukses kepada tamtama remaja, yang pada hari ini dilantik menjadi prajurit dua, sebagai prajurit Tamtama dituntut untuk benar benar menguasai tugas pokok dan harus berperan penting dalam mendukung tugas pokok satuan melalui penguasaan ilmu dan keterampilan teknis militer sesuai tugas dan fungsi masing masing.

“Semoga ilmu dan keterampilan yang telah mereka dapatkan selama mengikuti pendidikan di Rindam XIII/Merdeka dapat dijadikan sebagai bekal dalam menempuh pendidikan kejuruan sesuai dengan kecabangan mereka masing masing,” ujar mantan Dirum Pusziad tersebut.

Sementara itu, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya dalam amanat tertulis yang dibacakan Kasdam XIII/Merdeka menyampaikan, ucapan selamat kepada para prajurit siswa yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pertama prajurit TNI Angkatan Darat Gelombang II TA 2023.

“Mewakili Pangdam XIII/Merdeka, dengan rasa syukur dan bangga saya ucapkan selamat kepada para mantan prajurit siswa Dikmata, karena telah berhasil menyelesaikan pendidikan dengan baik, sehingga sekarang saudara saudara sekalian sudah resmi menjadi bagian dari TNI Angkatan Darat dengan pangkat Prajurit Dua (Prada),” ujarnya

Kasdam juga mengucapkan terima kasih kepada Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma beserta staf, Dansecata, para guru militer serta pelatih atas kerja kerasnya melaksanakan program Dikmata TNI AD ini dengan baik.

“Segera lakukan evaluasi sebagai bahan untuk perbaikan pada pelaksanaan pendidikan berikutnya, sehingga kualitas hasil didikan Rindam XIII/Merdeka dapat terus meningkat dari waktu ke waktu,” ujar mantan Komandan Korem 051/Wijayakarta.

Diakhir amanat Pangdam, Kasdam menyampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman dalam mengikuti pendidikan sesuai kecabangan masing masing, yakni senantiasa selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat yang telah dilimpahkan kepada kalian, Tingkatkan terus profesionalisme keprajuritan dengan senantiasa belajar dan berlatih, Hindari sikap arogan saat berada di tengah tengah masyarakat, serta hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun yang dapat merusak citra TNI AD, dan berbuatlah yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas dalam setiap pelaksanaan tugas.

Selain itu pedomani dan amalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam setiap gerak dan langkah. Serta memegang teguh sikap disiplin dan komitmen patuh terhadap hukum dan jaga kehormatan diri sebagai seorang prajurit Angkatan Darat.
“Ingat, mulai saat ini kalian adalah seorang prajurit TNI, seorang tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan harus menjadi tentara profesional,” pungkas Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto.

Kegiatan ini dihadiri Pamen Sahli Pangdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Rudolf Toar Syalom Manopo, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, Asintel Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Kav Muhammad Sarifudin, Aster Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Sumanto, Kaajendam XIII/Merdeka Kolonel Caj Adi Mulyanto, Kakesdam XIII/Merdeka Kolonel Ckm dr. I Gede Putu Harsana, Kajasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Horas Sitinjak, Kabekangdam XIII/Merdeka Kolonel Cba Dian Bagas Priyo Irianto, Kahubdam XIII/Merdeka Kolonel Chb Marlon Tuwaidan, Waaslog Kasdam XIII/Merdeka Letkol Czi Niarto Purbo Awin, Dandim 1310/Bitung Letkol Czi Hanif Tupen, Wakil Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Ati Yustinus, para pengurus Persit KCK jajaran PD XIII/Merdeka dan para tamu undangan. (EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.