Pemkab Minahasa Gelar Musrenbang RKPD 2025

Spread the love

Jurnalline.com, MINAHASA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menggelar Musrenbang Perencanaan Pembangunan
Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025, bertempat di Mercure Manado Tateli Beach, Selasa (26/3/24).

Musrenbang yang dibuka Penjabat (Pj) Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong MSi ini, mengusung tema “Peningkatan Daya Saing Daerah, Reformasi dan Tata Kelola Pemerintahan Serta Pembangunan Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan”.

Bupati JS. Kumendong mengatakan, pelaksanaan Musrenbang ini, dapat menghimpun aspirasi para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Minahasa.

Sebab, menurutnya, Musrenbang ini merupakan media pembentukan komitmen seluruh stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengawasan, serta merupakan bagian tak terpisahkan dalam tahapan penyusunan RAPBD. Yakni sebagai pedoman dalam penyusunan kebijakan umum anggaran, serta prioritas dan plafon anggaran sementara.

“Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2025 ini merupakan rangkaian tahapan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan sebelum perumusan RKPD 2025. Saya berharap, ini menjadi wadah menghimpun aspirasi,” tukasnya

Kumendong juga menyampaikan beberapa hal diantaranya, dirinya mengajak semua komponen agar wujudkan stabilitas kondisi yang kondusif di Minahasa. Menurutnya, stabilitas daerah akan berdampak pada kelancaran pelaksanaan pembangunan yang telah dan akan direncanakan pemerintah.

“Program kegiatan tahun 2025 sebagai momen transisi pemerintahan. Ini harus bisa menjadi instrumen utama untuk mampu mengakselerasi daya saing kita, utamanya daya saing investasi dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi menuju Minahasa sebagai kawasan pariwisata integratif yang maju dan berkelanjutan, sebagaimana rancangan visi dalam RPJPD tahun 2025 sampai 2045,” tandasnya

Dia juga mengajak para pemangku kepentingan untuk berpikir kreatif dalam memberikan sumbangsih pemikiran pada proses perencanaan ini. Kemudian meminta secara bersama mengawal agar proses perencanaan dan penganggaran berjalan baik, transparan, serta akuntabel dengan memperhatikan prinsip anggaran berbasis program prioritas sesuai kemampuan keuangan daerah.

“Penyusunan RKPD tahun 2025 akan lebih kita fokuskan pada pemenuhan target kinerja kegiatan yang terkait dengan prioritas daerah serta memberikan daya ungkit sehingga berdampak langsung bagi masyarakat. Harapan saya, pada acara musrenbang ini benar-benar menjadi wadah untuk menjaring aspirasi dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan rancangan rkpd kabupaten minahasa tahun 2025, sehingga nantinya dapat diimplementasikan dengan baik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Bappelitbangda Minahasa, Philip Geral Siwi SE dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini mengacu pada Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, yang mengamanatkan penyelenggaraan Musrenbang dalam penyusunan RKPD.

“Pemkab Minahasa, dalam rangka RKPD Tahun 2025, telah menyusun Rancangan RKPD yang memuat kerangka ekonomi makro, prioritas pembangunan termasuk program, kegiatan prioritas dan pagu indikatif masing-masing Perangkat Daerah. Pemkab Minahasa wajib melaksanakan forum Musrenbang, yang bertujuan membahas rancangan RKPD Kabupaten Minahasa Tahun 2025,” jelasnya

Adapun Tujuan penyelenggaraan Musrenbang untuk penyusunan RKPD Kabupaten Minahasa tahun 2025, kata Siwi, untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah kabupaten dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah Provinsi.

Mengklarifikasi usulan program, kegiatan dan subkegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah kabupaten pada musrenbang RKPD di kecamatan, mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah kabupaten, dan menyepakati prioritas dan permasalahan pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah.

“Nantinya, musrembang ini akan menghasilkan bahan penyempurnaan rancangan akhir RKPD Minahasa tahun 2025. Kemudian, bahan penyempurnaan Renja Pemerintah Daerah 2025, serta bahan musrembang provinsi dan nasional,” kuncinya

Turut hadir, Ketua TP-PKK Minahasa Djeneke Kumendong Onibala SH MSA, Kapolres Minahasa AKBP Shophian SIK MH, mewakili Dandim 1302 Minahasa Kasdim Mayor Inf Daeng Pasaka, Anggota DPRD Minahasa Rommy Leke dan Ivone Andris, serta jajaran Pemkab Minahasa dan seluruh camat. (EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.