Peringatan Nuzulul Qur’an Koramil 02 Matraman dan Santunan Anak Yatim bersama Qori Internasional KH. Abdul Karim dan Tausyiah Istimewa oleh KH. Chundlori, Lc., ” Bersama Bumikan Al-Qur’an Dalam Setiap Langkah Kehidupan” .

Spread the love

Jurnalline.com, Kodim 0505/Jakarta Timur, Danramil Matraman Mayor Arm Ahmad Budiman, S.Sos.,M.Si., bersama Forkopimcam, Tokoh Masyarakat dan Agama menggelar peringatan Nuzulul Qur’an bertempat di Masjid Jami Baiturrahim Koramil 02 Matraman, Jln. Utan Kayu Raya No.14, RW.15, Kelurahan Utan Kayu Utara, Kecamatan Matraman, yang dihadiri oleh Jamaah warga sekitar Koramil Matraman, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para tertua ormas, dan insan pers, Rabu (27/03/24).

Usai melaksanakan sholat Ashar berjamaah, acara dimulai dengan Sambutan dan kultum agama oleh Danramil Matraman Mayor Arm Ahmad Budiman, dimana disampaikan bahwa Allah Subhanahu Wata’ala berfirman dalam Q.S. Al-Qadr: 1-3 yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu, Malam kemuliaan itu lebih baik dari pada seribu bulan”. Malam 17 Ramadhan adalah istimewa karena di dalamnya ada tiga kejadian sejarah besar Islam, yaitu malam diturunkannya Al Qur’an, hari ini terjadi perang badar pasukan muslim melawan kaum kafir Quraisy, dimana 300 tentara kaum muslimin bisa menang melawan 1000 orang kaum kafir Quraisy dan hari dimana Siti Aisyah r.a. wafat.” tandas Danramil.

Acara dilanjutkan Pembacaan Al Qur’an oleh Juara III Qori Internasional KH. Abdul Karim, diakhiri dengan buka puasa bersama serta sholat Magrib berjamaah dan Santunan Anak Yatim.

Setelah ramah-tamah buka puasa bersama, dilanjutkan pula dengan sholat isya berjamaah dan penyampaian Kultum tarawih Oleh KH. Chundlory.LC dilanjutkan Sholat Taraweh dan witir berjamaah. Ia menyampaikan ceramahnya tentang Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya Al-Quran dari tempat yang tinggi (Lauful Mahfuz) ke bumi. Turunnya Al-Quran ini tidak ada keraguan langsung dari Allah yang Maha Mulia, diperantarai oleh Malaikat Jibril yang paling mulia dan turun kepada Nabi yang paling mulia. Malam Nuzulul Quran yang diperingati setiap 17 Ramadhan memiliki banyak sekali keistimewaan. Hal ini yang membuat Nuzulul Quran lebih istimewa dibandingkan malam-malam lainnya.

“Semoga dengan peringatan Nuzulul Qur’an dapat menjadikan Ramadhan 1445 H tahun 2024 ini menjadi penuh berkah dan menjadikan generasi milenial (Remaja Masjid Jami Baiturrahim) yang cinta Al-qur’an serta meneladani akhlak Rasulullah shalallahu alaihi wasallam”.

Kegiatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan di Masjid Jami Baiturrahim ini , diakhiri dengan tadarusan serta khataman Al-Qur’an s.d. Pkl. 22.30 WIB.

Kegiatan ini juga diharapkan menjadi sarana Binter Koramil 02 Matraman untuk semakin dicintai masyarakat.

Fram

Sumber Kodim 0505/Jakarta Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.