Ketua DPRD Glady Kandouw Pimpin Rapat Paripurna LKPJ Kepala Daerah Ta.2023

Spread the love

Jurnalline.com, Tondano (MINAHASA) — Rapat Paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2023 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa dipimpin oleh Ketua DPRD Glady Kandouw dengan didampingi Wakil Ketua l Okstesi Prisilia Runtu, Wakil Ketua ll Denny Kalangi, dan Sekretaris Rianny Suwarno, berlangsung di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Minahasa, Selasa(26/03/2024) dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, Kepala Kejari Minahasa, Dandim 1302/minahasa, para asisten, kepala dinas/badan, dan jajaran pemkab, dan insan pers.

Ketua DPRD Glady Kandouw dalam kesempatan itu mengucapkan banyak terima kasih kepada Penjabat Bupati Jemmy Kumendong, serta jajaran Pemkab Minahasa, karena telah menghadiri paripurna dalam rangka LKPKD tahun anggaran 2023.

Ditempat yang sama Penjabat Bupati Jemmy Kumendong mengatakan, rapat paripurna ini disamping amanat undang-undang juga merupakan momen transparan dan akuntabel untuk menyampaikan kinerja Pemkab Minahasa selang tahun 2023.

“Rapat paripurna ini bukanlah semata-mata momen yang sifatnya rutinitas, apa lagi bermakna seremoni semata, melainkan agenda yang strategis untuk mengevaluasi dan menilai atas karya dan kiprah yang telah kita kerjakan di tahun 2023,” ujar Kumendong

Selanjutnya Bupati Jemmy menyampaikan terkait ringkasan LKPJ Tahun 2023 tentang kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah, salah satunya soal pengelolaan pendapatan asli daerah, yang meliputi pajak dan retribusi, pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan.

Adapun Anggaran pendapatan setelah perubahan ditargetkan selaras Rp 1.255.663.461.685.00,- dan realisasi sebesar Rp 1.259.741.332.938,14. Selanjutnya pengelolaan belanja daerah setelah perubahan yaitu Rp 1.363.771.890.894.00. Realisasi Rp1.252.709.372.298.

Dirinya menyebutkan, hal yang menjadi perhatian serius Pemkab Minahasa adalah melindungi masyarakat dari virus berbahaya, dan menjamin masyarakat tetap memperoleh bahan pangan dan bantuan lainnya, seperti BLT, BST, UKM, bantuan subsidi upah dan bantuan lainnya.

“Ini merupakan konteks pembangunan daerah, karena mengalami beban rencana pembangunan, salah satunya mengalami pergeseran anggaran untuk dimanfaatkan yang bersifat sangat prioritas. Walaupun demikian, kondisi kehidupan sosial dapat berlangsung dengan baik,” jelas nya

Selain itu, Pemkab Minahasa juga selalu berkoordinasi dengan instansi vertikal, seperti forkopimda, FKUB, FKAI, Sipora, dan komunitas intelegen daerah atau Kominda.
“Hal itu telah berlangsung dengan baik, terutama dalam mensosialisasikan berbagai permasalahan daerah,” urainya

Menjelaskan bahwa capaian penyelenggaraan pemerintah daerah sebagaimana tertuang dalam LKPJ, merupakan hasil kerja keras dari seluruh jajaran Pemkab Minahasa, disamping dukungan, topangan dan bantuan dari lapisan masyarakat, baik itu secara moril maupun materil.

“Tak kalah penting adalah dukungan dari DPRD Minahasa, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, dan Pemerintah Pusat, untuk mewujudkan Minahasa sejahtera dan bermartabat,” jelasnya

Oleh Pemkab Minahasa terus berupaya untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, baik pada penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan maupun pembangunan dan pelayanan masyarakat. “Melalui program-program prioritas pembangunan daerah tahun 2023 yang meliputi berbagai sektor.”

Ungkapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada semua pihak yang telah bersinergi dalam mewujudkan kemajuan di Tanah Minahasa tercinta.

Ia mengakui bahwa penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di sepanjang tahun 2023, masih banyak kekurangan yang perlu mendapat perhatian bersama. Namun begitu, banyak juga prestasi dan kemajuan yang telah ditorehkan sepanjang tahun 2023.

“Kemajuan tak akan terwujud tanpa kerja sama dan perang aktif seluruh qq0 pemerintahan yang ada, seluruhtermasuk masyarakat Minahasa di dalamnya. Karena itu, sinergitas komponen bangsa di tanah Minahasa.” Pungkasnya (EffendyIskandar/Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.