Pergelaran Wayang Kulit Meriahkan Puncak Perayaan HUT Ke-63 Yonif 501 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Yonif 501 Kostrad menggelar pagelaran wayang kulit sebagai bagian dari rangkaian perayaan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63. Kamis (04/04/2024).

Acara yang dihadiri oleh tamu kehormatan dan masyarakat sekitar Madiun ini bertujuan tidak hanya sebagai hiburan semata, namun juga sebagai upaya melestarikan budaya dan kesenian tradisional Indonesia.

Wayang kulit, sebagai warisan budaya Indonesia, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi Yonif 501 Ko. Setiap malam sebelum perayaan HUT, pergelaran wayang kulit menjadi ritual yang wajib diadakan. “Kami melihat pentingnya memelihara kesenian tradisional ini sebagai bagian dari identitas bangsa,” ujar salah satu Perwira Yonif 501/BY.

Pergelaran kali ini menampilkan Dalang Ki Putut Puji Agengsono yang memukau penonton dengan kisah-kisah penuh makna dari Pengembara Seorang Prajurit Membela Negara. Kehadiran tokoh-tokoh penting, seperti Danrem 081 Madiun dan Dandim Madiun, menambah semarak acara tersebut.

Selain menjadi ajang hiburan, pergelaran wayang kulit ini juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta akan kesenian tradisional serta memperkuat semangat kebersamaan dalam menjaga dan melestarikan budaya Indonesia. Dengan adanya perayaan HUT yang meriah, Yonif 501 Kostrad berharap dapat terus berjaya dan memberikan kontribusi yang berarti bagi negara, di mana pun dan kapan pun mereka berada.

Fram

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.