Simulasi Vertical Replenishment Crew HS-1305 dengan KRI Diponegoro-365

Spread the love

Jalesveva Jayamahe,

Jurnalline.com, Jakarta, — Guna mengasah kemampuan personelnya, Crew Helikopter HS-1305 dan KRI Diponegoro-365 (KRI DPN-365) yang tergabung dalam Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-O UNIFIL menggelar simulasi latihan pengiriman barang menggunakan helikopter atau yang dikenal sebagai Vertical Replenishment (Vertrep) di perairan Laut Mediterania, Lebanon, pada Kamis (25/04).

Simulasi latihan yang digelar ini, diskenariokan tentang prosedur pengiriman suatu barang ketika kapal berada di tengah laut, dimana helikopter tidak dapat mendarat sehingga untuk menurunkan barang tersebut harus menggunakan peralatan hoist yang ada di helikopter.

Vertrep merupakan suatu metode dalam pembekalan di laut atau Replenishment At Sea (RAS) dengan menggunakan sarana kemampuan helikopter, dimana dalam pembekalan tersebut Heli tidak landing di kapal.

Helikopter AS 565 MBe HS-1305 dibawah binaan Skuadron Udara 100, Wing Udara 2, Puspenerbal, Juanda yang diawaki oleh Kapten Laut (P) Rangga Birawa selaku Captain Pilot dan Copilot Lettu Laut (P) Michelle, take off dari dermaga Beirut terbang menuju ke posisi KRI. Selanjutnya Heli hovering di atas geladak Heli untuk menurunkan barang dengan menggunakan hoist.

Komandan KRI DPN-365 yang sekaligus Dansatgas MTF TNI KONGA XXVIII-O UNIFIL Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu menyampaikan bahwa latihan vertrep ini jarang dilaksanakan, sehingga dengan adanya kesempatan latihan ini diharapkan dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan Prajurit Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-O UNIFIL dalam melaksanakan pembekalan di laut.

“Latihan ini juga untuk meningkatkan koordinasi, soliditas dan prosedur komunikasi antara Heli dengan KRI”, pungkas Dansatgas.

Dalam berbagai kesempatan, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena yang tengah menjalankan misi perdamaian untuk senantiasa mengasah kemampuan dalam bidangnya guna menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks.

Drie

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.