Arahkan Prajurit Kuasai Teknologi Terkini, Kakuwil Lantamal XII Pimpin Upacara Bendera 17an

Spread the love

Jurnalline.com, Pontianak, TNI AL, Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Kolonel Laut (S) Bernardinus Yules Verne, A.Md., S.E., CHRMP., M.Tr.A.P. menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara bendera 17an yang diikuti seluruh prajurit dan PNS di Lapangan Upacara Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XII Jl. Komodor Yos Sudarso No. 1 Pontianak Kalimantan Barat, Jumat (17/05/2024).

Upacara bendera yang dilaksanakan setiap tanggal 17 secara rutin, bertujuan untuk pengejawantahan tugas dalam melanjutkan perjuangan, menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa dan negara. Selain itu, juga mengingatkan generasi penerus guna meningkatkan tugas dan tanggung jawab untuk terus meneguhkan komitmen pengabdian kepada bangsa dan negara.

Pada kesempatan ini Kakuwil Lantamal XII membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang menekankan bahwa tantangan dan risiko tugas TNI AL ke depan akan semakin meningkat. Dinamika perkembangan
lingkungan strategis, baik global, regional, maupun nasional yang sangat cepat dan
kompleks, serta perkembangan teknologi menuntut fleksibilitas, kemampuan adaptasi
dan ketangguhan yang luar biasa dari TNI AL untuk mampu bernavigasi pada kondisi yang penuh tantangan.

“Peperangan ke depan semakin modern, tentunya hal tersebut menuntut seluruh prajurit TNI AL untuk dapat menguasai teknologi terkini, sehingga ke depan mampu melaksanakan peperangan dengan konsep bertempur yang baru yaitu dengan menggunakan Alutsista yang modern dan canggih. Adapun salah satunya melalui pemenuhan kekuatan matra laut pada postur TNI AL tahun 2025-2044, dimana TNI AL menargetkan kekuatan bawah laut dengan menambah 12 unit kapal selam serta kapal selam kecil tak berawak (unmanned underwater
vehicle)”, jelasnya.

Selain itu, Kasal juga menjelaskan rencana pemindahan personel TNI AL ke IKN Nusantara guna mendukung pusat pemerintahan Negara Republik Indonesia yang baru.

“Saat ini TNI Angkatan Laut juga telah merencanakan opsi rencana pemindahan personel ke IKN Nusantara di Kalimantan dengan rencana tahap awal pada September 2024 dan pemindahan selanjutnya menyesuaikan dengan arahan dari pemerintah serta melihat kesiapan infrastruktur di IKN. Salah satu agenda paling dekat yaitu rencana pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan RI tahun 2024 yang akan dilaksanakan di kawasan IKN,” pungkasnya.

Drie

Dispen Lantamal XII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.