Cegah Penyebaran Penyakit DBD Akibat Nyamuk, Koramil 03/Teluk Pucung Bersama Puskemas Lakukan Fooging

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya, Kota Bekasi – Guna mencegah penyebaran wabah penyakit DBD akibat nyamuk, Babinsa Koramil 03/Telukpucung Kodim 0507/Bekasi bersama pihak Puskesmas Harapan Jaya melakukan pemberantasan nyamuk Aedes Aegypti dengan cara melakukan pengasapan (fogging) di lingkungan RW 11 Komplek SBS Kel. Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Sabtu (4/5/2024).

Pengasapan kali ini dilakukan agar wilayah Kelurahan Harapan Jaya bebas dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), mengingat pemukiman yang sangat rapat dengan sanitasi air yang terkadang menggenang.

Kapten Inf Budi Kiswanto Wadanramil 03/Telukpucung mengatakan, pemerintah melalui puskesmas di tiap tiap kelurahan terus menggalakkan fogging untuk memutus siklus perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti dan tentunya dapat membasmi nyamuk dewasa. Sedangkan untuk memberantas jentik nyamuk dilakukan penaburan bubuk abate serta dilakukan pengawasan oleh Juru Pemantau Jentik (Jumantik).

“Hal yang paling penting dilakukan guna mencegah cepatnya perkembangbiakan nyamuk adalah dengan melakukan 3M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur,” tutur Kapten Inf Budi.

Ditambahkan, untuk mencegah gigitan nyamuk dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menggunakan lotion anti nyamuk, obat nyamuk bakar, elektrik, semprot dan lainnya.Namun, apabila tidak diperhatikan dengan baik, penggunaan obat anti nyamuk tersebut sebenarnya berbahaya bagi manusia, karena dapat memberikan efek samping.

Untuk itu, ada baiknya warga perlu mengetahui aneka obat-obatan pengusir nyamuk herbal, alami, dan tradisional yang mudah didapatkan di rumah.

“Begitupun Kebersihan lingkungan adalah salah satu faktor utama untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk. Jagalah kebersihan lingkungan seperti mengatasi genangan air, rutin memantau saluran air, dan membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya.

Sementara itu, Petugas Kesehatan dari Puskesmas Harapan Jaya, dr. Aryando selaku penanggung jawab mengungkapkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Babinsa yang selalu mendampingi dan membantu untuk melakukan pengasapan di wilayah Kelurahan Harapan Jaya.

“Kegiatan pengasapan ini dilakukan agar masyarakat terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk,” katanya.

Fram

(Sumber Kodim 0507/Bekasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.