Dansatdik – 1 Tanjung Uban Buka Lattek Tahap Dasar Keprajuritan

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, – Dalam rangka mengaplikasikan pelajaran yang didapat selama pendidikan tahap dasar keprajuritan, Satuan Pendidikan (Satdik) – 1 Tanjung Uban menggelar Latihan Praktek (Lattek) Tahap Dasar Keprajuritan (Sarrit) Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Angkatan ke-44 TA 2024.

Komandan Satdik – 1 Kolonel Laut (P) I Gede Merta Yasa, selaku Inspektur Upacara (Irup) membuka rangkaian Lattek Sarit dalam upacara pembukaan Lattek Tahap Sarrit Dikmata di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Satdik – 1 Tanjung Uban, Bintan Utara, Kepulauan Riau, Jum’at (10/05/2024).

Dansatdik – 1 menyampaikan bahwa, Lattek Tahap Sarrit merupakan sarana dalam menguji keterampilan Siswa dari hasil pembelajaran yang telah diterima pada tahap Sarrit, selain itu membekali dan melatih siswa agar memiliki kemampuan, ketahanan fisik, keterampilan dan kecakapan dalam materi yang akan dilaksanakan dalam Lattek Sarrit yakni menembak senapan, menembak pistol, berganda, lintas medan, Sea and Jungle Survival yang menjadi modal awal dan bekal dalam menjadi Prajurit TNI AL.

“Kegiatan Lattek Sarrit merupakan kegiatan yang harus dan sangat penting dilalui oleh setiap Siswa Pendidikan Pertama di tahap Sarrit, tidak terkecuali siswa Dikmata Satdik – 1 yang dalam 17 hari kedepan akan ditempa dan diuji secara fisik dan mental yang akan dijadikan bekal pertama menjadi Prajurit TNI AL. Selain fokus pada tujuan, hal utama yang perlu diperhatikan yakni faktor keselamatan sebagai faktor utama keberhasilan Lattek,” jelas Dansatdik – 1.

Lebih lanjut Dansatdik – 1 berpesan bahwa Pelatih dan Siswa harus mengutamkan dan sangat memperhatikan faktor keselamatan dalam setiap kegiatan, sehingga kegiatan Lattek dapat berjalan dengan lancar dan Zero Accident, mengingat seluruh rangkaian kegiatan Lattek mengandung resiko tinggi dengan penggunaan amunisi tajam, bahan peledak, serta kondisi alam tempat latihan berlangsung.

Sebanyak 102 Siswa Dikmata akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Lattek tahap Sarrit dari tanggal 10 Mei hingga 26 Mei 2024. Adapun, pelaksanaan Lattek tahap Sarrit dibawah kendali Komandan Sekolah Dasar Militer ( Dansesarmil ) Mayor Mar Baron Habibie selaku Direktur Lattek (Dirlat).

Upacara pembukaan sebagai penanda dimulainya rangkaian Lattek tahap Sarrit telah dilaksanakan dan dilanjutkan dengan kegiatan gelar perlengkapan Siswa untuk memastikan kelengkapan perlengkapan Siswa selama melaksanakan kegiatan Lattek.

Selain itu, diharapkan seluruh Siswa dapat fokus mengikuti seluruh instruksi pelatih serta dapat menyelesaikan seluruh materi yang akan ditemui Siswa pada Lattek tahap Sarrit ini.

Tampak Hadir dalam kegiatan upacara pembukaan, Wadan Satdik – 1, Kadep Opsdik Satdik – 1, Kadep Pers Satdik – 1, Kadep Log Satdik – 1, Kapok Gadik Satdik – 1 berserta seluruh Personel Satdik – 1.

Drie

Dinas Penerangan Kodiklatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.