TNI AL Dan Basarnas Bersinergi Menggelar Pembekalan Latihan SAR Di Laut

Spread the love

Jalesveva Jayamahe

Jurnalline.com, Jakarta, — TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Komando Armada I bersinergi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) menggelar pembekalan bagi para pelaku yang akan melaksanakan Latihan SAR di Laut yang dibuka oleh Wakil Ketua KPL Latihan Pencarian dan Penyelamatan (SAR/Search and Rescue) di Laut Wilayah Kerja Koarmada I TA. 2024, Letkol Laut (P) Putu Bagus Harianto di Gedung Malahayati Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XII Jl. Komodor Yos Sudarso No. 1 Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (29/04) lalu.

Dengan mengundang pemateri dari Basarnas Pontianak dan Diskes Lantamal XII Pontianak, kegiatan tersebut diharapkan agar peserta dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam latihan SAR di wilayah kerja Lantamal XII Pontianak.

Pada kesempatan tersebut, Koordinator Tim Basarnas Pontianak, Leo Umbara, bersama tim Basarnas memberikan penjelasan mengenai hal-hal yang harus dikuasai untuk melakukan evakuasi korban, prosedur evakuasi, dan pentingnya pedoman selama pelaksanaan latihan pencarian dan penyelamatan di laut.

Selain itu, Letda Laut (K) dr. Jimmy Rianto dan Tim Diskes Lantamal XII Pontianak juga memberikan materi dan praktik tentang pertolongan pertama terhadap korban kecelakaan di laut dalam konteks pelaksanaan SAR.

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan perwujudan dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia yang kaya akan pengetahuan SAR di laut.

Drie

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.